Ini Penyebab Kita Sulit Bernapas Saat Berada di Tengah Kerumunan

Ini Penyebab Kita Sulit Bernapas Saat Berada di Tengah Kerumunan

Naviri Magazine - Berada di kerumunan yang berdesak-desakan terkadang tidak dapat dihindari, misalnya ketika menumpang di kendaraan umum atau mengantre. Hanya saja, jika itu bagian dari rutinitas, apa risikonya bagi kesehatan?

Berdesakan di kendaraan umum setiap hari dialami oleh Sinta (25). Ia pun mengaku sering merasa jantungnya berdegup lebih cepat, dan kesulitan bernapas saat tengah dalam kondisi tersebut.

"Sebenarnya agak khawatir untuk jantung, soalnya kehimpit terus setiap naik kereta, jadi deg-degan," ujarnya.

Kondisi tersebut, menurut dokter spesialis jantung, Taufik Pohan, sebenarnya tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Pasalnya, setiap organ, baik jantung maupun paru-paru, memiliki proteksi tersendiri.

"Ada mekanisme proteksi di tubuh untuk melindungi organ-organ vital, antara lain tulang rusuk. Namun, bisa saja trauma yang cukup keras dengan benda tumpul, mekanisme proteksi itu rusak," jelasnya kepada media.

Menurut dia, jantung yang berdegup lebih cepat saat berdesak-desakan di kerumunan merupakan cara organ tersebut berkompensasi karena minimnya oksigen yang masuk ke tubuh. Banyaknya orang di suatu tempat akan membuat ketersediaan oksigen menipis, sehingga setiap orang mungkin tidak mendapatkan oksigen yang mencukupi.

Padahal semua organ tubuh butuh oksigen, jantung pun berkompensasi dengan bekerja lebih keras supaya aliran oksigen ke seluruh tubuh tetap lancar. "Pada kondisi ini, hormon adrenalin yang bekerja untuk memacu kerja jantung," jelas dokter dari Rumah Sakit Pondok Indah ini.

Ditambah lagi, paru-paru yang terasa sesak berarti udara tidak bisa dihirup dengan baik. Ini akan menambah sedikit lagi oksigen yang masuk ke tubuh, dan membuat jantung berkompensasi lebih besar.

Taufik mengatakan, efek jangka pendek dari kondisi tersebut hampir tidak ada. Meskipun pada beberapa kasus, ketika jantung tidak mampu berkompensasi dengan baik akan mengakibatkan menurunnya kesadaran.

Sementara untuk jangka panjang, mungkin terjadi peningkatan risiko terganggunya fungsi jantung, karena sering bekerja terlalu keras.

Related

Health 6715816254738860662

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item