Capsula Mundi, Peti Mati yang Mengubah Mayat Manusia Jadi Pohon

 Capsula Mundi, Peti Mati yang Mengubah Mayat Manusia Jadi Pohon

Naviri Magazine - Manusia pasti meninggal dunia, itu sudah menjadi takdir setiap orang. Mereka yang meninggal akan dimakamkan, dan akhirnya kembali ke tanah. Namun, bagaimana jika manusia yang sudah meninggal dunia justru berubah menjadi pohon? Itulah yang diperkenalkan lewat Capsula Mundi.

Capsula Mundi adalah proyek di Italia yang memperkenalkan pemakaman ramah lingkungan (Green Cemetries). Kalau kita biasanya melihat pemakaman seperti area dengan jajaran batu nisan, maka sekarang tidak lagi. Mengingat Bumi mulai kritis dan kekurangan daerah resapan air, Capsula Mundi bisa menjadi solusi dari hal itu.

Karena Capsula Mundi adalah peti mati berbentuk kapsul, yang nantinya bakal 'ditanam' di dalam tanah. Namun, di bagian atas kapsul peti mati itu ada pohon. Pohon akan terus tumbuh dan mengakar. Akarnya bakal menembus kapsul yang terbuat dari Starch Plastic (plastik ramah lingkungan), dan mengambil nutrisi dari jasad manusia yang meninggal di dalamnya.

Mereka yang dikubur dengan Capsula Mundi, akan diposisikan mirip janin dalam rahim ibu hamil. Hal itu membuat kapsul peti mati tak menghabiskan banyak tempat. Pohon-pohon akan tumbuh lebat. Jika sebuah pemakaman Capsula Mundi dibangun, dalam waktu beberapa tahun pemakaman yang biasanya dipenuhi batu nisan keras akan berubah menjadi sebuah hutan lebat yang berfungsi bagi lingkungan.

Jadi, bisa dibilang rimbunan pohon Capsula Mundi merupakan bentuk kehidupan baru yang terlahir dari jasad manusia di bawahnya. Beberapa orang bahkan menilainya sebagai wujud 'reinkarnasi' modern. Kerabat yang meninggal akan bisa merasakan orang terkasih lewat rimbunan pohon itu.

Seperti sebuah ungkapan, 'sebaik-baiknya manusia, adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain'. Capsula Mundi memperlihatkan bahwa mereka yang meninggal dunia masih bisa berguna bagi sesama.

Related

Science 714946621877381384

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item