Di Tempat Inilah Bencana Banjir Dahsyat Zaman Nabi Nuh Terjadi

Di Tempat Inilah Bencana Banjir Dahsyat Zaman Nabi Nuh Terjadi

Naviri Magazine - Daratan Mesopotamia diduga kuat sebagai lokasi banjir masa Nabi Nuh terjadi. Wilayah ini diketahui sebagai tempat bagi peradaban tertua dalam sejarah. Lagi pula, dengan posisinya yang berada di antara sungai Tigris dan Eufrat, tempat ini sangat memungkinkan untuk terjadinya banjir yang besar.

Di antara fakor penyebab terjadinya banjir kemungkinan adalah bahwa kedua sungai itu airnya meluap dan membanjiri wilayah tersebut.

Alasan kedua mengapa daerah tersebut diduga kuat sebagai tempat terjadinya banjir adalah bukti-bukti historis. Dalam rekaman sejarah berbagai peradaban manusia yang pernah menempati lokasi tersebut, banyak dokumen yang ditemukan telah merujuk sebuah banjir, dan banjir itu disebutkan terjadi dalam sebuah pereode masa yang sama.

Setelah menyaksikan pembinasaan kaum Nabi Nuh, peradaban-peradaban tersebut agaknya merasa perlu merekam dalam sejarah mereka, bagaimana banjir itu terjadi, serta bagaimana juga akibat yang ditimbulkan banjir tersebut. Telah diketahui pula, mayoritas legenda yang menceritakan banjir tersebut berasal dari Mesopotamia.

Yang juga lebih penting bagi kita adalah temuan-temuan arkeologis. Temuan ini memperlihatkan bahwa banjir besar pernah terjadi di wilayah ini. Banjir telah menyebabkan tertundanya mata rantai perkembangan peradaban untuk jangka waktu tertentu. Dalam penggalian-penggalian yang dilakukan, tampak jejak-jejak bencana dahsyat tersingkap dari timbunan tanah.

Penggalian-penggalian yang dilakukan di wilayah Mesopotamia telah mengungkap bahwa berkali-kali dalam sejarah, wilayah ini menderita berbagai macam bencana akibat berkali-kali banjir, dan meluapnya Sungai Eufrat dan Tigris.

Sebagai misal, pada millenium kedua Sebelum Masehi (SM), pada masa Ibbi-sin, penguasa bangsa Ur yang besar, yang berlokasi di sebelah selatan Mesopotamia, sebuah tahun tertentu ditandai dengan "sesudah terjadinya banjir yang telah melenyapkan garis batas antara surga-surga dan bumi".

Related

Science 6349125538307447639

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item