Inilah Harta Karun Paling Indah dan Paling Mempesona di Dunia

Inilah Harta Karun Paling Indah dan Paling Mempesona di Dunia

Naviri Magazine - Digambarkan sebagai keajaiban dunia ke-8 oleh orang-orang yang pernah melihatnya, Amber Room merupakan harta karun paling unik dan paling indah sepanjang sejarah.

Amber Room adalah sebuah ruangan berukuran 11 kaki persegi, terdiri dari panel-panel dinding berukuran besar yang bertatahkan beberapa ton batu Amber luar biasa, cermin-cermin besar yang di sisi-sisinya terdapat dedaunan terbuat dari emas, serta empat buah mozaik Florentine yang luar biasa indahnya.

Tersusun dalam 3 tingkat, ruangan tersebut bertatahkan permata-permata yang tak ternilai harganya. Di dalamnya tersimpan berbagai koleksi benda seni buatan Prusia dan Rusia yang paling berharga.

Dibuat oleh Raja Friedrich I dari Prusia untuk diberikan kepada Czar Rusia, Peter yang Agung, pada tahun 1716. Amber Room terletak di Istana Katherine, dekat St. Petersburg. Saat ini mungkin nilai harta di ruangan itu lebih dari US$142 juta (lebih dari Rp1,5 triliun).

Saat Hitler dengan Nazi-nya menyerang Rusia, penjaga ruangan Amber waswas. Mereka mencoba untuk memindahkannya, namun dinding-dindingnya mulai remuk, sehingga mustahil memindahkan dinding-dinding tersebut. Akhirnya, mereka menutupinya dengan wallpaper.

Usaha tersebut gagal menyembunyikan Amber Room. Saat Nazi meluluhlantakkan Leningrad (saat ini bernama St. Petersburg) pada Oktober 1941, mereka merebutnya serta memindahkannya ke Istana Königsberg selama masa perang.

Ketika Königsberg menyerah pada April 1945, Amber Room menghilang, dan sampai sekarang tak pernah ditemukan kembali.

Apakah Amber Room sudah hancur oleh bom Soviet sendiri? Apakah tersembunyi di salah satu bunker yang terletak di luar kota? Tak ada yang tahu pasti mengenai nasib ruangan tersebut. Saat ini telah diciptakan replika Amber Room, yang dibuat dengan sangat teliti, di Istana Catherine.

Related

Insight 7055313299436398155

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item