Ini 7 Kemungkinan Jawaban di Balik Misteri Segitiga Bermuda

  Ini 7 Kemungkinan Jawaban di Balik Misteri Segitiga Bermuda

Naviri Magazine - Dunia memang sangat luas. Saking luasnya, mungkin seumur hidup pun kita belum tentu bisa datang ke seluruh kawasan di Bumi. Tak hanya berisi yang indah-indah saja, Bumi juga menyimpan segudang misteri yang mungkin bisa membuat kita bingung dan penuh tanya.

Salah satu misteri di Bumi yang sampai saat ini belum terpecahkan dari generasi ke generasi adalah Segitiga Bermuda. Segitiga Bermuda adalah kawasan perairan yang terletak di antara Miami, Puerto Rico, dan pulau Bermuda, sehingga seakan berbentuk tiga sudut segitiga imajiner.

Kawasan itu dianggap daerah paling misterius dan berhantu di Bumi. Karena sudah banyak kisah kapal laut maupun pesawat terbang yang hilang misterius. Kini, dengan semakin berkembangnya pengetahuan manusia, mereka mencoba menjawab misteri apa yang ada di Segitiga Bermuda.

Monster laut

Berbagai literatur semenjak masa lampau menyebutkan, misteri Segitiga Bermuda memiliki hubungan dengan legenda mengerikan soal makhluk purba misterius.

Ya, kawasan misteri itu memang menaungi lautan Sargasso, yang sudah lama dikenal sebagai lokasi yang didiami makhluk-makhluk misterius. Sargasso mempunyai panjang 3.650 km dan lebar 1.825 km, yang kabarnya menjadi habitat hewan raksasa seperti naga laut.

Pada abad ke-16, Olaus Magnus pernah membuat peta lautan bernama Carta Marina, yang menjelaskan ada naga merah sedang menyerang kapal. Titik di mana naga itu berada adalah laut Sargasso di Bermuda. Jadi, apakah memang Segitiga Bermuda merupakan sarang naga laut raksasa yang doyan makan kapal atau pesawat terbang?

Lidah samudera

Hal yang membuat Segitiga Bermuda menjadi begitu angker adalah banyak sekali kisah kapal laut dan pesawat terbang yang melintas di atasnya dan mendadak hilang. Salah satu teori yang muncul dan diduga sebagai penyebab kasus itu adalah bahwa Segitiga Bermuda merupakan Lidah Samudera.

Banyak peneliti yang percaya bahwa di bawah lautan Bermuda terdapat palung raksasa yang menyerupai jurang besar, sehingga membahayakan apa saja yang melintas di atasnya (terutama kapal laut), karena rawan tenggelam. Meskipun begitu, teori ini masih dipertanyakan, karena sampai saat ini belum ada yang bersedia menyelam ke bawah Segitiga Bermuda dan kembali dengan selamat.

Lubang biru

Yang pernah menonton film "Interstellar" tentu ingat penggambaran Black Hole, lubang besar di ujung tata surya dan memiliki kemampuan menyedot apa pun yang ada di sekitarnya. Sampai saat ini, misteri lubang hitam di luar angkasa memang masih menjadi perdebatan.

Sama seperti Lubang Hitam, teori bahwa di Segitiga Bermuda terdapat Blue Hole pun mengemuka. Diduga, ada sebuah lubang besar di tengah lautan Bermuda yang memiliki arus bawah air sekaligus daya hisap luar biasa tinggi. Bahkan, tak jarang kekuatannya mampu menghisap pesawat yang terbang ratusan kilometer di atasnya.

Lautan iblis

Salah satu yang paling lekat dengan teori Segitiga Bermuda adalah lautan iblis. Segitiga Bermuda kerap dijuluki sebagai rumah iblis karena sudah tak terhitung korban jiwa yang hilang misterius di kawasan itu. Banyak yang menyebutkan, korban jiwa yang gugur di sana menjadi tumbal bagi sebuah kekuatan misterius yang tak diketahui.

Bahkan beberapa teori dunia mistis menyebutkan, Segitiga Bermuda merupakan sarang Dajjal, sosok yang dianggap akan muncul di akhir zaman. Dajjal kerap disebut sebagai Sang Raja Iblis yang kini sedang diam menanti di bawah gelapnya lautan Bermuda, sebelum akhirnya muncul. Entah benar atau tidak, yang pasti ada beberapa orang yang percaya hal ini.

Gas metana 

Setelah banyak teori mistis dan mitos mengenai Segitiga Bermuda, ada salah satu yang dianggap cukup masuk akal. Teori itu menyebut Segitiga Bermuda merupakan penghasil gas metana terbesar di dunia. Metana adalah senyawa yang begitu kuat dan berbahaya. Bahkan bahaya metana, dianggap beberapa ilmuwan, lebih berbahaya daripada karbondioksida (CO2).

Penelitian ini dianggap masuk akal, karena laut merupakan penghasil metana paling besar di alam, selain di lapisan es atau tanah. Bahkan pada tahun 1981, sebuah uji coba seolah membenarkan Segitiga Bermuda memiliki kandungan metana dalam jumlah besar, yang bisa menjadi 'biang keladi' mengapa banyak pesawat dan kapal laut hilang di sana.

Pintu gerbang alien

Selain Segitiga Bermuda, hal lain yang juga misterius di dunia ini adalah penampakan UFO dan alien, makhluk yang dipercaya tinggal di planet lain di jagat raya. Lantas bagaimana kalau kedua teori misterius itu digabung?

Ya, banyak teori yang menyebut Segitiga Bermuda merupakan gerbang lorong waktu ke dimensi lain. Beberapa penelitian menyebutkan ada banyak anomali yang terjadi di Bermuda, dan memberikan efek ke atmosfir Bumi.

Memiliki daya tarik magnetik yang tinggi, hal itu membuat banyak kapal laut dan pesawat terbang tertarik masuk ke Segitiga Bermuda. Tak heran kalau akhirnya muncul dugaan Bermuda menjadi pintu gerbang ke luar angkasa dan jalan keluar-masuk UFO.

Pusaran angin raksasa

Beberapa orang meyakini, di lautan Segitiga Bermuda ada angin berkekuatan besar yang berhembus mirip tornado. Kekuatan angin itu bahkan diduga mampu menghisap pesawat maupun kapal laut yang melintas di sana, sehingga mampu menariknya masuk ke dalam lautan Bermuda.

Bahkan, salah satu film berjudul "Gulliver’s Travels" pernah menyebutkan karakter yang diperankan Jack Black melakukan perjalanan menuju lautan Bermuda dan tertarik oleh angin besar. Entah betul atau tidak, sepertinya Segitiga Bermuda masih akan menyimpan berbagai misteri.

Related

Science 2768640584451827240

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item