Lola Montez, Wanita yang Memerintah Jerman dari Balik Layar

 Lola Montez, Wanita yang Memerintah Jerman dari Balik Layar

Naviri Magazine - Lahir sebagai warga asli Irlandia bernama Eliza Rosanna Gilbert (sekitar 1818-1821), wanita ini kemudian lebih dikenal dengan nama panggungnya, Lola Montez. Setelah kawin lari dan bercerai, Lola memulai debutnya di panggung London.

Setelah tampil di berbagai ibu kota Eropa, Lola berhasil menarik perhatian Ludwig I dari Bavaria, yang kemudian menjadikannya simpanan. Raja Jerman itu menciptakan kontroversi di kalangan bangsawan, dengan mengangkat Lola sebagai countess.

Dilansir History, pengaruh Lola semakin mengkhawatirkan istana, ketika Ludwig mulai meminta pendapatnya dalam urusan politik. Lola yang lebih cakap daripada Ludwig, memerintah Jerman dari balik punggung sang kekasih yang jauh lebih tua.

Dia yang berperan dalam menyingkirkan lawan-lawan politik Ludwig. Bahkan kekuasaan Lola, yang dianggap melebihi batas, yang memicu munculnya gerakan revolusioner untuk menurunkan Ludwig dari tahta.

Setelah Ludwig dipaksa mundur pada tahun 1848, Lola melarikan diri dan kembali menjadi aktris. Dia menghabiskan waktu di Eropa, Amerika Serikat, dan Australia, sebelum menetap di New York.

Related

History 7170408699787700295

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item