Lupercalia, Perayaan Terkenal di Zaman Romawi Kuno

Lupercalia, Perayaan Terkenal di Zaman Romawi Kuno

Naviri Magazine - Perayaan Lupercalia (Feast of Lupercalia) adalah ritual paganisme (penyembah dewa) pada zaman kerajaan Romawi. Perayaan Lupercalia adalah festival budaya Romawi Kuno untuk membersihkan roh jahat, dengan menyembah Lupercus yang diyakini sebagai Dewa Kesuburan.

Perayaan ini diadakan pada tanggal 13 sampai 15 Februari setiap tahunnya. Pada 13-14 Februari, mereka memuja Dewi Juno, ratu para dewa dewi Romawi. Rakyat Romawi juga menyebutnya sebagai dewi pernikahan. Di hari berikutnya, 15 Februari, dimulailah perayaan ‘Feast of Lupercalia.’

Pada malam menjelang festival Lupercalia berlangsung, nama-nama para gadis ditulis di selembar kertas, lalu digulung dan dimasukkan ke dalam botol untuk diundi. Para pria harus mengambil satu kertas yang berisi nama seorang gadis, yang akan menjadi teman kencannya di festival itu.

Tak jarang, pasangan ini akhirnya saling jatuh cinta satu sama lain, berpacaran selama beberapa tahun, sebelum akhirnya menikah.

Festival ini diawali dengan pengorbanan dua kambing jantan dan seekor anjing oleh Luperci (pendeta kuil Lupercus). Lalu dua Luperci muda menuju ke altar untuk dilumuri darah persembahan di telapak tangannya. Setelah itu mereka diharuskan tersenyum dan tertawa.

Luperci menguliti dua kambing persembahan dan membuatnya menjadi jubah, meniru Lupercus. Keduanya lalu lari mengelilingi tembok kota Palatine, menurut petunjuk dari batu yang disusun.

Gadis dan wanita muda akan berbaris di sepanjang rute tersebut untuk mendapatkan sentuhan dari Luperci yang berlumuran darah persembahan. Ini ditujukan untuk menjamin kesuburan, mencegah kemandulan, dan kemudahan dalam proses kelahiran.

Lupercalia dirayakan terakhir pada pemerintahan Anastasius I pada 491-581 M.

Related

History 1430916570648690065

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item