Ra Paulette, Pria yang Tinggal Selama 25 Tahun di Dalam Gua

 Ra Paulette, Pria yang Tinggal Selama 25 Tahun di Dalam Gua

Naviri Magazine - Di gurun sebelah utara New Mexico, Ra Paulette menghabiskan 25 tahun dari hidupnya untuk tinggal di dalam sebuah gua yang dibuatnya sendiri. Satu-satunya teman dia adalah seekor anjing. Hebatnya, gua bikinan Pauletta seperti sebuah karya seni pahat yang indah dan megah.

Ketika ditanya apakah dia terobsesi dengan pekerjaan menggali gua, Pauletta hanya menjawab, "Apakah anak-anak terobsesi bermain?" Dengan kata lain, Pauletta seolah ingin menyampaikan apa yang dilakukannya sudah menjadi semacam urat nadi atau deru napasnya sebagai seniman.

Tak hanya menggali gua dari bukit kapur, bagian dalam gua pun ia hiasi dengan ukiran dan pahatan cantik. Yang menjadikannya luar biasa adalah fakta bahwa Paulette membangun keseluruhan gua katedral tersebut seorang diri.

Paulette hanya menggunakan alat-alat pertukangan biasa untuk membangun keseluruhan gua katedral itu. Dia membutuhkan waktu 25 tahun untuk menyelesaikan proyek pembuatan gua katedral tersebut.

Yang menakjubkan dari semua itu, Ra Paulette merupakan seniman otodidak. Ia tidak memiliki dasar ilmu arsitektur, dan tidak pernah belajar memahat secara profesional. Paulette hanya berbekal hasrat dan semangat untuk membuat gua katedral tersebut. Sementara keterampilannya dalam membangun dan menciptakan ukiran diasah sembari mengerjakan proyek gua katedral.

Proyek pembuatan gua katedral itu dulunya tidak diketahui banyak orang. Penduduk di sekitar New Mexico tak banyak yang tahu. Baru ketika seorang sineas film mendengar tentang proyek Paulette dan mengabadikannya dalam sebuah film dokumenter berjudul Cavedigger, gua katedral itu langsung menarik perhatian dunia.

Selain mengantar Paulette dan gua katedral buatannya menuju popularitas, sineas itu pun diganjar nominasi Academy Award untuk kategori film dokumenter.

Related

World's Fact 7407349451472617053

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item