Ini 7 Robot Paling Unik dan Paling Menarik di Dunia

  Ini 7 Robot Paling Unik dan Paling Menarik di Dunia

Naviri Magazine - Kecanggihan teknologi zaman sekarang memungkinkan manusia untuk menciptakan robot. Sejak pertama kali diciptakan, robot terus mengalami perkembangan, dan kian modern. Selain bentuknya yang makin bagus, kemampuan robot pun kian beragam.

Sekarang, ada robot-robot yang ditujukan untuk pekerjaan, ada robot yang dikhususkan untuk membantu urusan manusia, ada pula robot yang dibekali kemampuan menari dan menyanyi. Berikut ini adalah tujuh robot yang memiliki kemampuan unik dan menarik.

Robot kertas

Jika biasanya robot terbuat dari logam dan alat elektronik, tidak dengan robot yang satu ini. Robot ini menjadi robot ramah lingkungan pertama di dunia, yang terbuat dari bahan kertas karton.

Ide pembuatan robot ini pertama kali dicetuskan oleh perusahaan Robotiger. Berat robot ini tergolong ringan, sekitar 6 kg, dan hampir keseluruhan robot ini terbuat dari karton. Hanya ada 8 motor kecil yang digunakan untuk menggerakkan badan dan kerangkanya.

Karena robot ini terbuat dari karton, jadi sangat mudah untuk didaur ulang, dan bagian tubuhnya pun dapat digambari. Robot ini pernah dipamerkan di Internasional Robot Exebition 2009 di Tokyo, Jepang, dan dijual dengan harga 3 ribu poundsterling atau sekitar 40 juta rupiah. Target konsumen robot ini adalah perusahaan-perusahaan yang peduli lingkungan.

Robot pramusaji

Banyak cara dilakukan restoran untuk menarik pengunjung. Selain menu makanan yang enak dan beragam, sebuah restoran Jepang di Thailand menggunakan robot sebagai pramusaji untuk melayani pengunjung.

Para pengunjung yang datang dapat memesan makanan lewat layar sentuh, kemudian robot yang memiliki mata besar dan berkostum samurai akan mengantar makanan. Robot pramusaji ini bertugas menghidangkan makanan, sekaligus membereskan meja makan.

Menurut sang pemilik, di restoran ini ada 4 robot, dan langsung diimpor dari Jepang. Harga satu robot cukup mahal, yaitu hampir 1 juta dolar.

Robot untuk praktik dokter gigi

Melihat sosoknya yang menyerupai wanita muda dan memiliki tinggi 165 cm, tidak ada yang menyangka bahwa ini adalah sebuah robot. Robot Syroid buatan Jepang, yang dikembangkan oleh Doktor Nautake Sigui dari Nippon Dental University di Tokyo ini memang dirancang khusus untuk praktik calon dokter gigi.

Kehadiran robot ini digunakan untuk membantu calon dokter gigi belajar memahami perasaan pasien, dan berusaha meningkatkan kemampuan serta memperlakukan pasien secara manusiawi.

Robot Syroid dapat menunjukkan ekspresi tidak nyaman dengan mengerutkan dahi, bahkan dapat berkata dan berteriak. Singkatnya, jika dokter gigi melakukan sesuatu yang menimbulkan rasa sakit, maka robot Syroid akan memberitahukannya.

Robot bartender

Di masa depan, tampaknya robot akan mengambil alih pekerjaan manusia, salah satunya robot Bartming, yaitu robot bartender yang bertugas menggantikan bartender di bar atau klub malam. Robot Bartming buatan Jepang, yang diberi nama Mister Assahi ini dapat melayani pembeli bir berbagai takaran, sesuai diminta oleh konsumen.

Robot ini juga dapat meracik minuman dalam waktu dua menit saja. Padahal manusia membutuhkan waktu 10 menit. Selain itu, robot Assahi juga dapat membuka botol bir menggunakan gelas tanpa ada yang tumpah. Robot senilai 100 ribu poundsterling atau sekitar 1,3 miliar ini dikontrol melalui komputer dalam meracik sebuah minuman.

Selain itu, keunggulan lain robot bartender ini adalah dapat bekerja secara cepat, tidak perlu waktu istirahat, dan dapat tersenyum ramah kepada tamu yang datang.

Robot kucing

Bagi Anda yang suka kucing tapi tidak dapat memeliharanya karena alergi pada bulunya, kini ada solusinya. Sebuah perusahaan di Jepang membuat robot kucing yang dinamakan the Newmeneco Smile, yaitu robot kucing yang unik dengan tinggi 13 inci dan memiliki berat 1 setengah pound.

Robot kucing ini dilengkapi lima sensor yang tersembunyi, dan bereaksi terhadap sentuhan, namun ia tidak dapat berburu tikus seperti kucing pada umumnya. Mata Newmeneco bisa berkedip, menggerakkan mulut, leher, menaikkan bokong, tiduran, menekan buntut, dan marah, bahkan dapat mengeluarkan suara mendengkur, mengeong, dan mendesis.

Prilaku Newmeneco seperti kucing aslinya, jika ditinggal oleh yang punya akan tertidur, mendengkur, dan terdiam.

Robot pemain musik

Robot berwarna putih dan memiliki tinggi 150 cm ini dibuat oleh perusahaan terkenal di Jepang. Kecanggihan robot ini dapat meniup terompet dan menggesek biola. Di saat meniup terompet, robot ini mengatur volume suara yang akan dikeluarkan dari mulutnya, dan mengatur gerakan jari-jarinya sehingga mampu memainkan terompet.

Robot ini juga mampu bermain biola, dan mampu memainkan beberapa lagu tanpa melakukan kesalahan. Permainan musiknya pun tidak kalah dengan pemain musik profesional. Tujuan produsen pembuat robot ini adalah memberikan kontribusi terhadap masyarakat Jepang, terutama kaum lanjut usia.

Robot penari dan penyanyi

Robot humanoid buatan Jepang ini didesain khusus untuk bisa menari layaknya manusia pada umumnya. Robot bersosok wanita cantik ini dinamakan XRT-4C, salah satu robot tercanggih yang dibuat ilmuwan Jepang, dan dipasangi software vocaloid, yang membuat robot ini dapat menghasilkan suara merdu.

Dalam sebuah pertunjukan, robot XRT menunjukkan aksi bernyanyinya bersama penari manusia. Sekilas memang tidak terlihat yang menyanyi dan menari adalah robot, karena gerakannya menyerupai manusia.

Related

World's Fact 7310557163882755338

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item