Begini Proses Panjang Terbentuknya Aneka Danau di Bumi

Begini Proses Panjang Terbentuknya Aneka Danau di Bumi

Naviri Magazine - Berdasarkan proses terjadinya, danau bisa terbentuk karena beberapa hal. Danau tektonik adalah danau yang terbentuk akibat penurunan muka Bumi akibat pergeseran atau patahan.

Danau vulkanik adalah danau yang terbentuk karena aktivitas vulkanisme atau gunung berapi. Danau tektovulkanik adalah danau yang terbentuk karena percampuran aktivitas tektonisme dan vulkanisme.

Kemudian, ada danau yang terbentuk karena lembah sungai terbendung oleh aliran lava ketika terjadi erupsi, dan disebut danau bendungan alami. Selain itu, ada danau karst, danau glasial, dan danau buatan.

Danau karst adalah danau yang terbentuk akibat pelarutan tanah kapur. Danau glasial adalah danau yang terbentuk akibat mencairnya es atau keringnya daerah es yang kemudian terisi air. Sedang danau buatan adalah danau yang terbentuk karena aktivitas manusia.

Apa yang disebut fyord?

Fyord adalah garis pantai yang panjang, sempit, dan berlereng curam. Dulu, fyord merupakan lembah yang dalam, dan terjadi karena aliran sungai es selama zaman es. Ketika zaman es berakhir dan lapisan es mulai mencair, air laut yang naik kemudian menggenangi bagian bawah lembah-lembah yang dalam.

Fyord merupakan pertemuan antara pegunungan dan laut. Fyord dapat dijumpai di tanah hijau Selandia Baru dan Norwegia.

Related

Science 4752593848471351370

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item