Misteri 9 Tempat yang Dipercaya Sebagai Gerbang ke Alam Akhirat

Misteri 9 Tempat yang Dipercaya Sebagai Gerbang ke Alam Akhirat

Naviri Magazine - Umat beragama percaya keberadaan alam akhirat, yaitu alam setelah manusia mati dan meninggalkan dunia. Artinya, manusia baru bisa menyaksikan alam akhirat setelah mengalami kematian.

Berdasarkan legenda dan kisah-kisah zaman dahulu, ternyata ada tempat-tempat di bumi yang dipercaya memiliki gerbang menuju alam akhirat, atau memiliki hubungan tersembunyi dengan akhirat. Berikut ini beberapa di antaranya.

The Sacred Cenotes, Meksiko

The Sacred Cenotes atau Mayan Cenotes pada dasarnya adalah gua saluran air bawah tanah, yang terbentuk secara alami. Dulu, tempat ini konon dipakai oleh bangsa Maya untuk berbagai hal, termasuk upacara adat.

Dari ekspedisi yang dilakukan, di dalam lokasi ini ditemukan sebuah kuil bangsa Maya, serta sisa-sisa tulang belulang manusia dan hewan. Selain itu, The Sacred Cenotes dipercaya sebagai tempat tinggal Chaak, sang Raja Hujan bangsa Maya, yang selalu menerima persembahan bangsa Maya.

Terlepas dari apakah tempat ini pintu gerbang akhirat, pemandangannya luar biasa indah.

Fengdu, China

Kawasan yang dijuluki Kota Hantu ini berada di Chongqing, China, dan sudah berusia lebih dari 2.000 tahun. Banyak orang China percaya tempat ini adalah lokasi sementara roh orang mati, sebelum mereka pergi ke akhirat. Tak heran jika di Fengdu banyak sekali kuil-kuil Buddha dan Tao yang diyakini didiami oleh setan neraka.

Ada pula pahatan Raja Neraka di salah satu sudut Fengdu, yang membuatnya lekat dengan imej gerbang akhirat. Sebuah kisah dari Dinasti Han pernah menceritakan ada dua pejabat mereka, bernama Wang Fangping dan Yin Changseng, memilih tinggal di Fengdu untuk mencapai keabadian.

Tanjung Matapan, Yunani

Sebelum dikenal dengan nama Tanjung Matapan, kawasan ini bernama Tanjung Malea. Menurut mitologi Yunani, seseorang yang meninggal harus melalui sungai Stynx, dengan bantuan Charon si tukang perahu, sebelum akhirnya menuju Tartarus atau akhirat. Namun rupanya, di Matapan ada sebuah gua yang justru terhubung dengan neraka.

Masih menurut mitologi Yunani, ada Orpheus yang ingin menyelamatkan istrinya, Eurydice, dan harus melewati gua di Tanjung Matapan untuk pergi ke neraka. Bahkan dipercaya pula, Hercules pernah melalui gua yang sama untuk menuju ke neraka tanpa harus meninggal terlebih dahulu.

Jika kamu penasaran, kamu bisa ke Yunani dan pergilah ke bagian paling selatan daratan Yunani, dan dia ada di dekat reruntuhan kuil Sparta.

Danau Avernus, Italia

Ada sebuah danau di Italia yang disebut sebagai gerbang neraka, yakni Avernus. Disebut demikian, karena penampilan danau ini gelap dengan luapan-luapan gas yang rupanya di dalam sana ada kawah berapi pasif. Penduduk setempat percaya bahwa luapan gas itu adalah Hades, sang Penguasa Neraka.

Kisah lain diuraikan oleh Virgil, seorang penyair Roma kuno, yang menceritakan Avernus pernah dikunjungi Heracles dan Odysseus. Bahkan jika kamu mencari tahu lebih dalam lagi, banyak kejadian di mana burung-burung yang terbang di atas Avernus akan langsung mati, karena luapan sulfur yang begitu pekat. Sungguh mengerikan.

Tujuh Gerbang Neraka

Pernah mendengar cerita Tujuh Gerbang Neraka? Itu adalah kisah yang menyebut, jika ada orang yang bisa menemukan dan melewatinya, maka orang tersebut sudah mencapai akhirat. Namun, masalahnya, sejauh ini belum ada yang mengetahui di mana keberadaan tujuh gerbang tersebut.

Melalui rumor yang ada, tujuh gerbang itu dipercaya tersebar di setiap benua di Bumi. Tempat-tempat seperti tangan kiri Sphinx di Mesir, dekat kuil Mount di Israel, pemakaman Pere Lachaise di Paris, dekat patung raksasa Yesus di Brasil, sampai Kutub Selatan, adalah lokasi pintu gerbang akhirat berada. Pertanyaannya, apakah benar ada di sana?

Gunung Hekla, Islandia

Semenjak meletus pada tahun 1104, gunung Hekla selalu aktif sepanjang waktu, sehingga disebut salah satu pintu gerbang menuju akhirat. Seramnya, Hekla ternyata terletak di dekat kawasan padat populasi. Jadi bisa kamu bayangkan, jika suatu hari nanti Hekla meletus kembali, ia akan menghancurkan daratan sekitar dan membunuh banyak orang.

Banyak orang percaya, Hekla menjadi titik di mana para penyihir bertemu dengan Iblis. Bahkan ada juga kisah Judas, sosok yang dikabarkan mengkhianati Yesus, dikurung di tempat ini. Dalam beberapa kisah, ketika Hekla meletus pada tahun 1341, ada yang melihat burung-burung terbang di atasnya, yang dipercaya jika burung-burung itu perwujudan dari roh dunia lain

Actun Tunichil Muknal, Belize

Actun Tunichil Muknal merupakan deretan gua yang terletak di pusat pemeliharaan Tapir Gunung, Belize. Penelitian menunjukkan bahwa tempat ini merupakan tempat kaum Maya melakukan berbagai ritual mereka.

Tempat ini sekarang terbuka untuk tur publik, dan para pengunjung dapat melihat sisa-sisa kurban manusia dari berbagai umur, dimulai dari bayi hingga orang dewasa. Diperkirakan bahwa sisa kerangka manusia yang ada di sana telah berumur sekitar 1.200 tahun. Legenda mengatakan bahwa gua-gua ini merupakan rumah bagi Dewa Hujan, Chaak, sedangkan di kedalamannya terletak labirin dunia lain, Xibalba.

Xibalba adalah rumah bagi 12 iblis dan pasukan mereka. Ke-12 iblis ini bertanggung jawab atas kematian, penyakit, kelaparan, kesakitan, dan kemiskinan. Kaum Maya melakukan korban manusia dengan tujuan 12 iblis ini tetap tenang, dan tidak mengganggu manusia.

St. Patrick Purgatory, Irlandia

St. Patrick adalah salah satu Rasul dan Patrol dari Irlandia. Berdasarkan legenda, sesudah Patrick frustasi karena pengikutnya terus meragukan dirinya, Kristus muncul di depan dirinya, dan mengarahkannya ke sebuah gua di Pulau Station.

Di dalam gua tersebut ada sebuah lubang yang mengarah ke Purgatori, dimana roh-roh orang mati harus bertanggung jawab atas dosa-dosa mereka, sebelum masuk Surga. Di sana, St. Patrick juga mendapat penglihatan atas siksaan Neraka.

Yang menjadikan tempat ini salah satu pintu gerbang neraka adalah "keberadaan" Purgatori yang dilihat oleh St. Patrick tersebut.

Istana Houska, Republik Ceko

Jika sebuah istana umumnya dibangun untuk melawan seragan dari luar, Houska Castle memiliki banyak fitur yang seakan-akan terlihat untuk menahan sesuatu di dalam.

Legenda mengatakan bahwa istana ini dibangun di atas "lubang tanpa dasar" yang mengarah ke neraka. Legenda tersebut mengatakan bahwa Raja Bohemia, Ottokar II, memberikan pengampuan kepada setiap tahanan yang berani menurunkan diri mereka ke lubang, dan melaporkan apa yang ada di bawah lubang tersebut.

Tahanan pertama hanya bertahan selama beberapa detik sebelum ia berteriak. Dan sesudah ia kembali, dikatakan rambutnya menjadi putih dan terlihat lebih tua 30 tahun, dan menceritakan berbagai makhluk yang tidak jelas.

Related

Traveling 7895761283329906934

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item