Ini 4 Virus yang Paling Mematikan Bila Menyerang Manusia

Ini 4 Virus yang Paling Mematikan Bila Menyerang Manusia

Naviri Magazine - Virus merupakan parasit mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus hanya bisa hidup dan bereproduksi bila di dalam material hidup, dengan menginvasi atau memanfaatkan sel makhluk hidup. Dengan kata lain, bila tidak berada di dalam material hidup, virus hanya “partikel mati”.

Bila menginfasi sel hidup, virus akan bersifat parasit. Berikut beberapa virus yang mematikan bila menginvasi manusia.

Virus Marburg

WHO mencatat, virus ini telah mematikan 203 orang di Angola pada tahun 2005, saat virus marburg mewabah. Virus marburg, yang menyebabkan demam berdarah marburg atau Marburg haemorraghic fever, pertama kali terjadi pada 1967 di Jerman dan Yugoslavia, kemudian merebak ke daerah Marburg dan Frankurt.

Virus ini pertama kali teridentifikasi oleh seorang petugas laboratorium yang diserang kera di Marburg (itulah mengapa dinamakan virus marburg). Setelah diidentifikasi, ternyata virus marburg dan virus ebola merupakan satu famili. Gejala awal yang paling sering dialami karena virus ini adalah sakit kepala, lemas berat, dan nyeri otot.

Hari pertama sakit, ditandai dengan demam tinggi dan diare pada hari berikutnya, yang bertahan seminggu umumnya. Bila pasien sudah pada tahap tersebut, umumnya digambarkan seperti orang yang telah kehilangan jiwanya, dan tidak memiliki ekspresi lagi.

Virus Mers

Mers, singkatan Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus, adalah penyakit yang ditimbulkan oleh virus corona, yang diduga masih berhubungan dengan virus penyebab penyakit SARS. Virus ini tergolong baru, karena kasusnya baru ditemukan pertama kali pada tahun 2012 di Arab Saudi.

Meski di Indonesia belum memakan korban jiwa, namun beberapa negara di Asia sudah cukup “ketakutan” oleh virus ini, seperti di negara Arab Saudi dan Korea Selatan serta beberapa negara di luar Asia, juga telah melaporkan adanya kasus tersebut di negaranya.

Beberapa peneliti mengatakan bahwa hewan pembawa virus ini adalah unta dan kelelawar, karena ditemukan adanya antibodi terhadap virus ini. Sedangkan penularan dari hewan ke manusia masih diteliti.

Virus Ebola

Virus ini sangat terkenal di daerah Afrika, karena memang mewabah di negara tersebut, dimana wabah terbesar terjadi pada tahun 2014 di Afrika Barat. Virus ini menyebabkan penyakit yang disebut demam berdarah ebola.

Penularan virus ini biasanya melalui kontak darah atau cairan biologis lainnya. Waktu inkubasi virus ini bermacam-macam, antara 2 sampai 21 hari. Gejala penyakit ini diawali lemas, demam, anoreksia, nyeri otot dan sakit kepala, serta muntah-muntah dan diare, kerap mengikuti gejala yang timbul.

Fase selanjutnya diikuti tahap pendarahan pada pasien, dimana pendarahan terjadi pada selaput mulut, hidung, dan tenggorokan, dan menyebabkan muntah darah atau kencing darah. Pendarahan juga dapat terjadi pada mata, ditandai dengan mata menjadi merah.

Virus HIV

Tidak seperti virus lain, yang biasanya akan menimbulkan penyakit bila terserang, jenis virus ini justru sebaliknya; tidak langsung kelihatan. Sehingga jumlah pasti pasien yang terkena virus ini belum dipastikan. Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh manusia.

Perlahan tapi pasti, virus ini akan melemahkan manusia. Sehingga pada tahap yang fatal, seseorang yang terserang virus ini akan sangat rentan terhadap penyakit ringan. Dan virus ini belum memiliki vaksin.

Related

World's Fact 4491316156754529071

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item