Ini 5 Faktor Penting yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Menikah

Ini 5 Faktor Penting yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Menikah

Naviri Magazine - Seringkali, orang menikahi kekasihnya karena cinta. Namun, apakah faktor cinta semata lantas menjadi modal yang kuat untuk melanjutkan hubungan ke pernikahan? Jawabannya kurang tepat. Meskipun tak dapat dipungkiri bahwa cinta merupakan faktor penting dalam hubungan, namun masalah rumah tangga bukan selalu tentang cinta, ada juga faktor-faktor lain yang perlu diperhatikan.

Untuk itulah, dalam urusan pernikahan perlu pertimbangan matang dan bukan hanya asal nekat semata. Saat di hati terbersit ingin menikah, pertimbangkanlah hal-hal berikut, daripada kelak menyesal.

Faktor alasan

Ingin segera menikah? Cobalah pikirkan kembali dengan bijak. Untuk membangun rumah tangga yang baik tentu harus mempersiapkan sesuatu yang baik sebelumnya. Jika dalam hati kita terbersit ingin segera menikah, coba gali dan renungkan apa alasan yang mendasari.

Jika alasannya karena tak ada teman tidur, tak ada penyemangat hidup, dan alasan-alasan yang tidak kuat lainnya, lebih baik jangan dulu berharap segera menikah. Alasan-alasan demikian bisa menimbulkan kekecewaan nantinya, saat apa yang menjadi ekpektasi tak sesuai dengan realita.

Menikah bukan hanya sekadar menikmati yang enak-enak saja, namun juga harus siap dengan konsekuensi dan risiko dari rumah tangga. Jika memang ingin menikah, milikilah alasan kuat untuk mewujudkannya, karena pernikahan bukan untuk main-main.

Faktor calon pasangan

Untuk menciptakan rumah tangga yang awet dan langgeng, tentu perlu perencanaan yang tepat, termasuk dalam memilih pasangan hidup yang tepat dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Cinta memang buta, maka imbangilah dengan akal yang rasional. Jangan hanya karena cinta lalu menikahi seseorang, tetapi lihatlah dan pertimbangkan dengan matang calon pasangan hidup yang kita inginkan.

Tentunya jangan memasang target calon terlalu tinggi, ataupun memasang target calon terlalu rendah. Pasanglah target yang biasa-biasa saja, namun pas untuk kita, dan sesuai yang diharapkan.

Banyak faktor yang bisa menjadi pertimbangan, namun yang terpenting adalah dua hal, yaitu faktor pemikiran dan faktor sikap. Terkait faktor pemikiran, yang harus dilakukan adalah mencari pasangan yang memiliki pemikiran dan pandangan sama, atau minimal mendekati.

Dalam mengarungi perjalanan rumah tangga nanti, saat pemikiran sama, baik dalam cinta, pendidikan anak, dan hal-hal lainnya, maka rumah tangga akan minim hambatan karena memiliki pemikiran yang relatif sama.

Terkait faktor sikap, tentunya membangun rumah tangga yang baik harus memiliki calon pasangan hidup yang memiliki sikap dan perangai yang baik. Hal ini untuk meminimalisir konflik, juga agar bisa menciptakan teladan yang baik bagi anak-anak nantinya. Jika orang tuanya baik dan bisa mendidik anak dengan baik, bukan tak mungkin bisa menciptakan keluarga yang bahagia.

Faktor finansial

Faktor finansial bisa dikatakan salah satu masalah klasik yang selalu ada dalam kehidupan. Saat kita memutuskan untuk menikah, tentunya faktor finansial perlu menjadi pertimbangan penting, apalagi pernikahan masa kini seringkali menghabiskan biaya untuk resepsi dan sebagainya.

Bukan hanya sekadar biaya resepsi, namun juga permasalahan setelah mengarungi rumah tangga nanti, terutama bagi laki-laki, harus bisa memiliki pekerjaan yang tetap atau wirausaha yang menghasilkan uang yang cukup untuk menghidupi keluarga.

Jika memang pekerjaan kita kurang menghasilkan dan kurang cukup, lebih baik tunda sejenak keinginan menikah, dan perbaikilah karir terlebih dahulu. Terlebih lagi saat usia masih terlalu muda, dan belum ideal untuk menikah.

Faktor mental

Menikah itu harus siap segalanya, termasuk mempersiapkan mental. Karena saat berumah tangga harus siap menanggalkan keegoisan, dan harus berpikir bersama dalam mengatasi setiap permasalahan yang ada.

Untuk menghadapi permasalahan dalam rumah tangga, tentunya perlu mental yang kuat untuk menghadapinya, dan memiliki sikap kedewasaan serta kebijaksanaan dalam menemukan solusi dari setiap permasalahan yang ada.

Faktor orang tua

Faktor orang tua juga harus diperhatikan, karena saat kita menikah tentunya akan melibatkan orang-orang di sekitar kita termasuk orang tua. Tentunya, sebelum memutuskan untuk menikah, diskusikan dulu dengan orang tua bagaimana baiknya.

Jika kita punya alasan yang kuat untuk menikah, dan orang tua masih meragukan kita, sebaiknya coba yakinkan sepenuh hati pada mereka bahwa kita layak untuk segera menikah. Jika orang tua sudah mendukung, maka kita bisa mempunyai semangat yang lebih dalam menyongsong pernikahan.

Related

Relationship 6447546340065779307

Recent

item