Ini Penyebab Air Laut Tampak Berkilau Pada Malam Hari

Ini Penyebab Air Laut Tampak Berkilau Pada Malam Hari

Naviri Magazine - Di laut, ada makhluk yang disebut krill, yang fisiknya menyerupai udang kecil yang memakan plankton. Tubuh mereka berisi organ yang menghasilkan cahaya, sehingga dapat membuat laut menjadi berkilau kehijau-hijauan pada malam hari. Ketika musim panas, kawanan krill yang amat banyak dapat mengubah air laut menjadi tampak merah.

Krill adalah salah satu makhluk yang paling banyak terdapat di bumi. Jika seluruh krill yang ada di lautan dikumpulkan, beratnya akan melebihi keseluruhan manusia yang ada di bumi.

Mengapa air laut kadang berwarna hijau atau merah?

Warna hijau atau merah pada air laut terjadi bukan karena efek sinar matahari, namun karena adanya bahan tertentu di dalam air. Air laut yang tampak berwarna hijau merupakan hasil perpaduan antara warna biru yang alami dengan bahan berwarna kuning yang ada di laut, misalnya asam humus, debu tanah tersuspensi, dan organisme hidup.

Sedangkan air laut yang tampak berwarna merah, biasanya di sekitar pantai, terjadi karena adanya ganggang atau plankton dalam jumlah besar di dekat permukaan air. Di badan air terbuka, yang relatif bebas dari debu dan pengaruh pencemaran oleh manusia, laut biasanya akan tampak biru.

Related

Science 4350507869011230114

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item