Lulus Kuliah, Albert Einstein Sempat Bingung Tak Dapat Kerja

Lulus Kuliah, Albert Einstein Sempat Bingung Tak Dapat Kerja

Naviri Magazine - Lulus dari kuliah, Einstein tidak dapat menemukan pekerjaan. Ayah seorang teman kelasnya kemudian menolongnya mendapat pekerjaan sebagai asisten teknik pemeriksa di Kantor Paten Swiss, pada tahun 1902. Di sana, Einstein menilai aplikasi paten adalah alat yang memerlukan pengatahuan fisika.

Dia juga belajar menyadari pentingnya aplikasi dibanding dengan penjelasan yang buruk, dan belajar dari direktur bagaimana "menjelaskan dirinya secara benar". Dia kadang-kadang membetulkan desain mereka, juga mengevaluasi kepraktisan hasil kerja mereka.

Einstein menikah dengan Mileva pada 6 Januari 1903. Pernikahan Einstein dengan Mileva, seorang matematikawan, adalah pendamping pribadi dan kepandaian. Pada 14 Mei 1904, anak pertama dari pasangan ini, Hans Albert Einstein, lahir.

Pada 1904, posisi Einstein di Kantor Paten Swiss menjadi tetap. Dia mendapatkan gelar doktor setelah menyerahkan tesis "Eine neue Bestimmung der Moleküldimensionen" ("On a new determination of molecular dimensions") pada tahun 1905 dari Universitas Zürich.

Di tahun yang sama, dia menulis empat artikel yang memberikan dasar fisika modern, tanpa banyak kolega dalam sains yang dapat ia ajak mendiskusikan teorinya.

Banyak fisikawan setuju bahwa ketiga tesis itu (tentang gerak Brownian, efek fotoelektrik, dan relativitas spesial) pantas mendapat Penghargaan Nobel. Tetapi hanya tesis tentang efek fotoelektrik yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Ini adalah sebuah ironi, bukan hanya karena Einstein lebih tahu tentang relativitas, tetapi juga karena efek fotoelektrik adalah fenomena kuantum, dan Einstein terbebas dari jalan dalam teori kuantum. Yang membuat tesisnya luar biasa, dalam setiap kasus, Einstein dengan yakin mengambil ide dari teori fisika ke konsekuensi logis, dan berhasil menjelaskan hasil eksperimen yang membingungkan para ilmuwan selama beberapa dekade.

Dia menyerahkan tesis-tesisnya ke "Annalen der Physik". Mereka biasanya ditujukan kepada "Annus Mirabilis Papers" (Latin: Tahun luar biasa). Persatuan Fisika Murni dan Aplikasi (IUPAP) merencanakan untuk merayakan 100 tahun publikasi pekerjaan Einstein di tahun 1905 sebagai Tahun Fisika 2005.

Related

Science 5907146801443884753

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item