Memanfaatkan Kulit Udang Menjadi Bumbu Penyedap yang Nikmat

Memanfaatkan Kulit Udang Menjadi Bumbu Penyedap yang Nikmat

Naviri Magazine - Bagi kebanyakan orang, kulit udang hanyalah sampah yang tidak memiliki manfaat menguntungkan. Namun, tahukah Anda, sebenarnya kulit udang dapat diolah menjadi menu makanan nan sedap.

Rahadian, Executive Chef Grand Artos Aerowisata Hotel Magelang, berinovasi memanfaatkan kulit udang menjadi bumbu masakan sedap. Caranya juga sederhana, sama sekali tidak menambah bumbu penyedap lainnya.

Koki yang sudah 20 tahun bekerja di dunia masak memasak ini menjelaskan, sebelum digunakan untuk bumbu, bersihkan kulit udang terlebih dahulu, lalu keringkan dengan cara dipanaskan dalam oven, dengan suhu 100 derajat selama dua jam.

"Sebetulnya bisa dikeringkan dengan dijemur dibawah terik matahari, namun cara itu bakal lebih lama dan kurang higienis," kata Rahadian.

Setelah kering, kulit udang kemudian digiling sampai benar-benar halus dan siap digunakan. Biasanya, kata Rahadian, bumbu kulit udang digunakan untuk membuat masakan aneka kuah seafood. Salah satunya adalah Sambal Kuah Ikan, menu spesial yang ditawarkan di restoran hotel tempat Rahadian bekerja.

Koki asal Subang Jawa Barat itu pun tak segan membeberkan resep rahasia dari menu andalannya tersebut.

"Bahan-bahannya bisa pakai cumi, kerang, ikan kakap, dan udang. Sedangkan bumbunya bawang putih, daun sereh, jeruk nipis, daun ketumbar, daun jeruk, lengkuas, jahe, cabai giling," urai Rahadian.

Semua bumbu dan bahan dimasak, tentu tidak lupa mencampurkan kulit udang kering yang sudah dihaluskan. Maka jadilah menu Sambal Kuah Ikan. Menu lebih nikmat disantap dengan nasi putih hangat, ditambah kerupuk emping.

Menurutya, kulit udang mengandung nutrisi serta mineral tinggi yang bagus untuk tubuh. Selain itu juga menambah taste unik dan aroma yang kuat pada masakan, apalagi ditambah rempah-rempah.

"Jadi pasti sehat dan enak tanpa harus menambah bumbu penyedap (vetsin). Pilih udang jenis galah, karena memberi warna merah cerah alami," ucapnya.

Usai menikmati Sambal Kuah Ikan, nikmatilah segelas minuman unik bernama Ginger Punch. Minuman ini terbuat dari jahe, yang dicampur dengan jus buah nanas, mangga, dan serutan es batu. Ada sensasi unik ketika menyeruput minuman tersebut.  Manis dan asam segar dari buah, serta pedas dan hangat dari jahe.

Related

Tips 4540143825008108593

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item