Mengenal Etologi, Ilmu yang Mempelajari Tingkah Laku Hewan

Mengenal Etologi, Ilmu yang Mempelajari Tingkah Laku Hewan

Naviri Magazine - Etologi adalah cabang ilmu zoologi, yang mempelajari perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme, serta faktor-faktor penyebabnya. Istilah “etologi” berasal dari gabungan bahasa Yunani, yaitu “ethos” dan “logia”.

Ilmu perilaku hewan merupakan kombinasi antara kerja laboratorium dan pengamatan di lapangan, yang memiliki keterkaitan kuat dengan disiplin ilmu-ilmu tertentu, semisal neuroanatomi, ekologi, dan evolusi.

Seorang ahli perilaku hewan umumnya menaruh perhatian pada proses-proses bagaimana suatu jenis perilaku (misalnya agresi) berlangsung pada jenis-jenis hewan yang berbeda. Meski ada pula yang berspesialisasi pada tingkah laku suatu jenis atau kelompok kekerabatan hewan tertentu. Ahli perilaku hewan juga disebut etolog.

Meski sepanjang sejarah telah banyak naturalis yang mempelajari aneka aspek tingkah laku hewan, namun disiplin ilmu etologi modern umumnya dianggap lahir pada sekitar tahun 1930-an ketika Nikolaas Tinbergen (biolog Belanda) dan Konrad Lorenz (biolog Austria) mulai merintisnya.

Untuk jerih payah mereka, kedua peneliti itu dianugerahi hadiah Nobel dalam bidang kedokteran pada tahun 1973.

Related

Science 7153513772156561060

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item