Mengenal Vulkanologi, Ilmu yang Mempelajari Gunung Berapi

Mengenal Vulkanologi, Ilmu yang Mempelajari Gunung Berapi

Naviri Magazine - Vulkanologi adalah ilmu yang mempelajari gunung berapi, lava, magma, dan fenomena geologi yang berhubungan. Seorang ahli vulkanologi adalah orang yang melakukan studi pada bidang ini. Istilah vulkanologi berasal dari bahasa Latin, yaitu “vulcan”, yang berarti “dewa api Romawi”.

Para ahli vulkanologi sering mengunjungi gunung berapi, terutama yang masih aktif, untuk mengamati letusan gunung berapi, mengumpulkan produk letusan, termasuk contoh tephra (seperti abu, batu apung, dan lainnya), batuan, dan lava.

Tujuan utama penyelidikan adalah membuat perkiraan letusan. Pada saat ini belum ada cara yang akurat untuk melakukan hal tersebut.

Namun, memperkirakan letusan, seperti halnya memperkirakan gempa Bumi, dapat menyelamatkan banyak jiwa. Seorang ahli vulkanologi mempelajari pembentukan gunung berapi dan letusannya saat ini, serta sejarah letusannya.

Related

Science 645941692126638592

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item