Selain Menyehatkan Tulang dan Gigi, Ini 5 Manfaat Kalsium

Selain Menyehatkan Tulang dan Gigi, Ini 5 Manfaat Kalsium

Naviri Magazine - Kalsium punya peran penting dalam tubuh kita. Fungsi utama kalsium yang dikenal masyarakat luas adalah untuk menjaga dan memperkuat kesehatan tulang dan gigi. Ya, zat yang banyak terkandung dalam produk susu ini memang mempunyai fungsi utama menyehatkan tulang dan gigi.

Namun, selain menyehatkan tulang dan gigi, banyak fungsi lain kalsium yang perlu kamu ketahui. Apa saja?

Berikut adalah lima fungsi utama kalsium, selain menyehatkan tulang, seperti yang dilansir dari She Knows.

Melangsingkan tubuh

Kalsium punya efek tertentu terhadap metabolisme tubuh. Sebab kalsium berperan dalam memaksimalkan pembakaran lemak daripada menyimpannya. Sehingga kalsium bisa dibilang sebagai nutrisi yang melangsingkan tubuh.

Mencegah osteoporosis

Karena kalsium berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, konsumsi makanan kaya kalsium tentu mampu mencegah penyakit osteoporosis atau tulang keropos.

Mengatasi nyeri haid

Khusus untuk wanita, mengonsumsi kalsium ketika haid adalah cara ampuh untuk mengatasi nyeri di bagian perut. Jadi coba minum susu jika setiap bulan bila mengalami nyeri haid.

Melawan kanker

Antioksidan disebut sebagai senyawa yang ampuh menurunkan risiko kanker. Namun ternyata kalsium juga berperan dalam melawan kanker usus besar, ovarium, dan payudara.

Menyehatkan jantung

Sebuah penelitian menyebutkan, konsumsi kalsium juga menyehatkan jantung dan pembuluh darah. Namun jangan sampai berlebihan mengonsumsinya, karena kalsium justru bisa merusak jantung.

Related

Health 2405540333960007727

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item