Misteri Virus Baru yang Tiba-tiba Muncul di Sebuah Pedesaan

Misteri Virus Baru yang Tiba-tiba Muncul di Sebuah Pedesaan

Naviri Magazine - Sebuah virus misterius baru secara perlahan menyerang daerah pedesaan China. Awalnya belum diketahui apa penyebab wabah penyakit tersebut, tetapi kemudian tanda tanya besar ini terungkap dalam sebuah riset baru.

Kelompok ilmuwan dari Universitas Foshan di Provinsi Guangdong, China, mendokumentasikan penemuan mereka dari patogen yang sebelumnya tidak diketahui, bernama 'virus Alongshan'.

Diterbitkan di jurnal New England Journal of Medicine, virus ini diungkap berasal dari kutu pengisap darah. Temuan ini berdasarkan sampel darah petani perempuan berusia 42 tahun dari Alongshan. Perempuan tersebut menderita demam, sakit kepala, dan mual. Diketahui, ia pernah digigit kutu.

Setelah virusnya terisolasi dari darahnya, analisis genom dan miskroskop elektron menunjukkan virus ini belum pernah didokumentasikan sebelumnya.

Sejauh ini, virus tersebut telah menyerang 86 orang, yang sebagian besar berada di sekitar Mongolia dan Heilongjiang, China. Sebanyak 84 orang dari seluruh pasien merupakan petani atau pekerja kehutanan yang tinggal di daerah berbukit atau hutan.

Virus yang berasal dari gigitan kutu Ixodes persulcatus ini menyebabkan berbagai penyakit, seperti Lymem Babesiosis, dan Ensefalitis, yang ditularkan melalui wilayah Siberia. Kutu merupakan hewan yang mudah sekali menyebarkan penyakit, karena sifatnya yang menempel pada inang dan memakan darah.

Tidak hanya kutu, ada bukti jika virus ini juga berasal dari nyamuk di Provinsi Jilin. Sampai saat ini virus Alongshan baru ditemukan di kawasan timur laut China. Menurut para ilmuwan, virus ini berpotensi menyebar ke wilayah lain, mengingat kutu itu juga ditemukan di Asia Timur, Siberia, Eropa Timur, dan Eropa Utara.

Para ilmuwan belum menemukan virus ini bisa ditularkan oleh manusia atau tidak. Jadi, kondisi ini masih dapat ditangani dengan mudah. Untuk mengobati virus ini, pada pasien diberi kombinasi obat antivirus dan antibiotik untuk menyembuhkan gejala yang mereka derita dalam delapan hari ke depan.

Untuk mengawasi penyebaran virus dan proses penyebarannya, para ilmuwan mengambil sampel genom lengkap dan jaringan virus Alongshan yang menonjol. Hasilnya menunjukkan bahwa virus Alongshan memiliki kesamaan dengan virus Jingmen, patogen yang juga ditemukan pertama kali di China pada 2014.

Related

World's Fact 8086403638350728741

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item