Begini Cara Membaca Tulisan atau Kode-kode di Resep Dokter

Begini Cara Membaca Tulisan atau Kode-kode di Resep Dokter

Naviri Magazine - Resep dapat diartikan sebagai permintaan tertulis dari seorang dokter atas sejumlah obat atau alat kesehatan, kepada seorang apoteker di apotek. Lalu bagaimana kita, sebagai orang awam, dapat membacanya? Berikut uraiannya.

1. Sebuah resep yang lengkap di antaranya harus mencantumkan nama dokter dan alamat prakteknya.

2. Harus menyertakan tanda R/ di resep. Tanda R/ ini singkatan dari Bahasa Latin, yakni Recipe, artinya ‘Ambilah’.

3. Di bagian R/ yang pertama, terlihat ada beberapa obat dalam satu R/. Sudah bisa ditebak, obat ini akan diracik. Jumlah miligram (mg) atau tablet (tab) di samping obat, adalah jumlah obat yang dibutuhkan.

4. Masih di resep R/ pertama, ada perintah cara pembuatan, dengan kata-kata, misalnya, ”m.f. pulv. dtd No. XC da in caps”. Ini adalah singkatan dalam Bahasa Latin, yakni “Misce Fac Pulvis Da Tales Dosis Numero XC, Da In Capsule”.

m.f = Misce Fac = Buatlah
pulv = Pulvis = Serbuk
dtd = Da Tales Dosis = Sesuai dosis
No. XC = Nomero XC = Banyaknya 90
da in caps = Da In Capsule = Buat dalam bentuk kapsul

5. Masih di R/ yang pertama, tertulis “S. 3 dd caps I”. Ini dapat diartikan: Signa Tre De Die Capsule Uno. Artinya: Tandailah 3 kali sehari satu kapsul.

6. Beralih di R/ yang kedua. Tertulis, misalnya, “Salbutamol 2mg tab No VL”. Artinya: Obat Salbutamol 2mg berbentuk tablet sebanyak 45 tablet. Setelah itu tertulis juga, misalnya, “S. 3 dd ½”. Artinya, “Pakailah Salbutamol 2mg, 3 kali sehari 1/2 tablet sekali minum.”

7. Beralih ke R/ yang ketiga. Tertulis, misalnya, “Interhistin tab No XXX”. Sama dengan R/ yang kedua, obat Interhistin diminta sejumlah 30 tablet. Dan di bawahnya tertulis aturan pakainya: “S. 2 dd 1”, artinya minumlah 2 kali sehari, masing-masing 1 tablet.

8. Masuk ke R/ keempat. Di sana tertulis, misalnya, “OBH Syr fl. I”. Bahasa Latinnya: “OBH Sirup Flesh Uno”. Artinya: “OBH sirup sebanyak 1 Botol.” Di bawahnya tertulis aturan pakainya, misalnya, “S. 3 dd C I”. Bahasa Latinnya: “Signa Thre De Die Cochlear Uno”. Artinya: “Minum OBH sirup 3 kali sehari satu sendok makan”.

9. Setelah pembahasan semua jumlah obat, tidak kalah penting adalah nama pasien, umur dan alamat. Jangan terima jika resep bila nama pasien tidak jelas atau lengkap (bagi petugas apotek).

10. No. RM = Nomer Rekam Medik. Artinya pasien sedang menjalani rawat inap.

Related

Science 4630985991321153555

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item