Fakta di Balik Aplikasi Penebak Umur yang Viral di Internet

Fakta di Balik Aplikasi Penebak Umur yang Viral di Internet

Naviri Magazine - How-Old.net pernah viral di internet. Layanan persembahan Microsoft itu punya kemampuan menebak usia dan gender lewat foto. Meski tebakannya tak selalu benar, tapi sukses mengundang keriuhan di media sosial.

Layanan tersebut diperkenalkan pada konferensi pengembang Microsoft’s Build, sebagai bagian dari dari Project Oxford milik Microsoft. Laman blog How-Old.net menjelaskan bahwa layanan itu merupakan showcase dari Face Detection API, yang dirilis oleh Project Oxford.

Lewat Project Oxford, Microsoft menyediakan akses Application Programming Interface (API) kepada pengembang. Misalnya, pengembang bisa menggunakan fitur deteksi wajah pada aplikasinya dengan memanfaatkan Face Detection API.

Apa maksud Microsoft, dengan melepas akses API pada pengembang? Melihat posisi Project Oxford yang berada di bawah divisi Machine Learning, besar kemungkinan API ini dimanfaatkan sebagai tempat belajar bagi mesin-mesin berbasis artificial intelligence (kecerdasan buatan) milik Microsoft.

Terlepas dari gagasan strategis itu, How-Old.net ternyata jadi populer. Merujuk kicauan @JosephSiros—dipercaya milik Wakil Presiden Microsoft untuk bidang Pembelajaran Mesin, Joseph Siros—How-Old.net telah menganalisa lebih dari 240 juta foto, memiliki 33 juta pengguna, dan dibagikan hingga 1,5 juta kali ke Facebook—hanya empat hari setelah rilis.

Selain efek viral, How-old.net juga menyisakan sedikit kekhawatiran. Reporter BuzzFeed, Brandon Wall (@Walldo) menyorot salah satu poin "Terms of Use" (syarat penggunaan). Poin itu dinilai bisa membenarkan bila suatu saat foto yang diunggah ke How-Old.net digunakan untuk keperluan komersil oleh Microsoft.

Berikut petikan terjemahan bebas "Terms of Use" tersebut:

    “.. dengan posting, mengunggah, memasukkan, memberikan, atau mengirimkan Submission, Anda memberikan Microsoft, perusahaan afiliasinya, dan penerima sublisensinya, izin yang diperlukan untuk menggunakan Submission Anda sehubungan dengan operasi bisnis internet mereka ...”

Pihak Microsoft membantah kemungkinan itu. Mereka menegaskan bahwa How-Old.net tidak akan menyimpan atau berbagi gambar yang telah diunggah penggunanya.

"Pengembang bisa memilih bagaimana aplikasi mereka bekerja. Para pengembang How-old.net memilih untuk tidak menyimpan atau berbagi foto untuk aplikasi ini," kata juru bicara Microsoft, dikutip Mashable.

Related

Internet 4576784516273316026

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item