Haruko Obokata, Ilmuwan Cantik dengan Penemuan Kontroversial

 Haruko Obokata, Ilmuwan Cantik dengan Penemuan Kontroversial

Naviri Magazine - Kita mungkin jarang melihat ilmuwan cantik dengan jas labnya, berjibaku dengan pipet dan mikroskop. Namun hal itu bisa kita saksikan saat seorang ilmuwan wanita asal Jepang bernama Haruka Obokata tengah berada di laboratoriumnya.

Terlepas dari penampilannya yang sangat menawan, wanita ini sempat menggemparkan dunia lewat penemuannya di bidang biologi, terkait dengan penemuan sel unik bernama STEM. Sel ini konon bisa meregenerasi sel-sel hewani yang sudah rusak untuk kembali seperti awal.

Mekanismenya, sel bernama STEM ini berkembang di dalam tubuh seperti embrio. Penggunaannya bisa bermacam-macam, termasuk meremajakan organ-organ vital. Sayangnya, penemuan yang bikin gempar ini juga menyisakan pertanyaan besar. Termasuk kebingungan para peneliti lain ketika melakukan metode yang sama dan hasilnya selalu salah.

Akhirnya, Obokata dituduh melakukan semacam penipuan sehingga hasil risetnya yang sudah dirilis ditarik kembali. Meskipun begitu, Obokata mengaku dirinya memang menemukan STEM, hanya saja ada prosedur tertentu yang tidak bisa ia tunjukkan di depan publik.

Hingga kini, STEM masih jadi sesuatu yang misterius. Apakah ia benar-benar ada atau hanya imajinasi saja. Jika benar-benar eksis, maka tidak menutup kemungkinan manusia bakal bisa hidup abadi.

Related

Science 2133204616645424293

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item