Ini 5 Pedang Paling Terkenal dan Paling Legendaris di Dunia

Ini 5 Pedang Paling Terkenal dan Paling Legendaris di Dunia

Naviri Magazine - Pedang adalah senjata yang fenomenal, karena setidaknya terus dikenang sampai zaman sekarang, meski penggunaannya mungkin tak lagi sesering dulu.

Di masa lalu, ketika persenjataan belum secanggih sekarang, pedang menjadi senjata utama dalam banyak pertempuran, selain tombak dan panah. Belakangan, ketika persenjataan makin canggih dan modern, pedang tetap digunakan. Kini, beberapa pedang dari masa lalu menjadi barang-barang yang sangat berharga. Berikut ini lima di antaranya.

Pedang Zulfiqar

Zulfiqar adalah pedang kuno milik salah satu pemimpin Islam paling terkemuka, Ali bin Abi Thalib. Ali termasuk pengikut paling setia Nabi Muhammad SAW, dan sering menyertainya dalam pertempuran. Menurut legenda, Nabi Muhammad memberikan pedang Zulfiqar kepada Ali.

Pedang melengkung dengan ujung bercabang dan tulisan kaligrafi di bilahnya itu telah membantu Ali dalam usahanya menegakkan agama Islam, termasuk dalam Perang Parit. Dikatakan bahwa Ali menggunakan pedang di Perang Parit dan Perang Badar.

Pedang Goujian

Pedang ini sudah melahirkan misteri bahkan sejak penemuannya kembali pada tahun 1965, di sebuah situs pemakaman kuno di China. Hasil pengujian para arkeolog memperkirakan umur pedang ini lebih dari 2.000 tahun. Walaupun begitu, pedang tersebut sama sekali tidak berkarat, bahkan masih menyimpan noda darah di ujungnya.

Studi lebih lanjut menyimpulkan bahwa pedang itu dulunya milik raja dinasti Yue, Goujian, dan diyakini sebagai pedang legendaris yang disebutkan dalam kitab The Lost History of Yue. Menurut teks tersebut, pedang Raja Goujian ini dibuat istimewa, dengan mengerahkan kekuatan Langit dan Bumi.

Pedang Kusanagi no Tsurugi

Pedang Kusanagi adalah salah satu bagian dari mitologi Jepang kuno yang sangat populer. Menurut legenda, pedang ini digunakan Dewa Susanou untuk membunuh monster ular berkepala delapan, Yamato no Orochi.

Pedang legenda ini mungkin kisahnya sudah dilebih-lebihkan. Walaupun begitu, padang Kusanagi memang benar-benar ada. Pedang itu merupakan satu dari tiga harta peninggalan penting Kekaisaran Jepang kuno, yang menjadi bukti pewaris tahta kerajaan. Pedang itu terakhir terlihat saat penobatan kaisar Akihitio.

Pedang Excalibur St. Galgano

Anda yang akrab dengan legenda King Arthur pasti sudah tak asing lagi dengan kisah pedang Excalibur. Dalam legenda dikisahkan, siapa pun yang mampu mencabut pedang Excalibur dari batu, kelak akan menjadi Raja Inggris. Dan ternyata Arthur yang mampu mencabut pedang legendaris tersebut.

Walaupun legenda Arthur merupakan cerita rakyat belaka, ternyata pedang serupa Excalibur benar-benar ada. Dalam sebuah kapel di Monte Siepi, Italia, terletak sebuah pedang kuno yang tertanam di dalam batu. Kemungkinan pedang inilah yang menjadi asal legenda Arthur.

Pedang itu diyakini sebagai senjata milik St. Galgano, seorang kesatria dari Tuscany yang hidup pada abad 12. Galgano tadinya kesatria bengis yang tak segan menghabisi nyawa musuh-musuhnya dengan pedang tersebut. Suatu ketika, menurut legenda, ia didatangi malaikat dan diminta untuk meninggalkan cara hidupnya yang penuh dosa.

Pedang Marengo Napoleon

Napoleon Bonaparte adalah tokoh berpengaruh sekaligus paling kontroversial dalam sejarah. Kegigihannya dalam menaklukkan berbagai kebudayaan tampaknya hanya bisa ditandingi oleh reputasinya sebagai penguasa yang tidak segan melakukan tindakan kejam.

Sebagai salah satu tokoh paling terkenal dalam sejarah, tak heran kalau saat ini barang-barang peninggalan Napoleon diburu para kolektor yang mencintai benda-benda antik bernilai sejarah. Salah satu barang milik Napoleon yang paling banyak dicari adalah pedang kebanggaan yang selalu disarungkan di pinggang sang penguasa asal Prancis ini dalam hampir semua lukisannya.

Konon, dalam setiap peperangan yang dipimpinnya, Napoleon selalu membawa pistol dan pedang. Napoleon memiliki koleksi sejumlah senjata bermutu tinggi dari bahan-bahan terbaik. Salah satu yang masih ada hingga sekarang adalah Pedang Marengo, sebuah pedang bertatahkan emas yang dimiliki Napoleon pada awal abad 19.

Related

World's Fact 8293026941780431708

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item