Keagungan dan Keistimewaan Syekh Abdul Qodir Jailani

Keagungan dan Keistimewaan Syekh Abdul Qodir Jailani

Naviri Magazine - Ulama-ulama besar mengakui keagungan Syekh Abdul Qodir. Imam Adz-Dzahabi, seorang ahli tafsir terkemuka, menyebutkan, karomah Syekh banyak dan jelas. Ibnu Rajab, ahli hadits madzhab Hambali, menyebut Syekh sebagai teladan orang-orang ma'rifat, pemimpin para syekh dan dikaruniai maqam dan karomah.

Imam Al-'Izz bin Abdussalam, ulama besar madzhab Syafi'i menyatakan, "Tidak ada karomah yang dinukil kepada kami secara mutawatir, kecuali karomahnya Syekh Abdul Qodir Jailani."

Salah satu karomah Syekh yang paling menarik adalah namanya terus disebut, didoakan, dan dibaca dalam tawasul sampai sekarang, oleh jutaan umat Islam di berbagai belahan dunia.

Kalau sejarah Rasulullah disebut siroh dan dirujuk serta diteladani oleh umat Islam, maka sejarah hidup Syekh Abdul Qodir Jailani sebagai keturunannya disebut manqobah (jamaknya ialah manakib). Manakibnya menjadi alat ukur perkembangan spiritual para salik (orang yang ruhaninya berjalan menuju Allah).

Syekh Abdul Qodir Jailani pernah bertanya kepada gurunya, yaitu Syekh Hammad Ad-Dabbas, karena di tempat khalwat gurunya setiap malam terdengar dengungan keras seperti lebah.

Syekh Dabbas menjawab, "Aku memiliki sekitar 12.000 murid. Setiap malam aku menyebut nama mereka satu per satu. Aku bantu permohonan hajat mereka kepada Allah. Kita doakan agar mereka tidak melaksanakan maksiat yang direncanakannya, serta mudah-mudahan selalu takut dan bertaubat kepada Allah."

Subhanallah, betapa besar cinta dan pengorbanan seorang mursyid kepada para muridnya.

Syekh Abdul Qodir Al-Jailani mendapat doa dari gurunya. Umar Al-Halawy, salah seorang murid Syekh Abdul Qodir Al-Jailani, berkelana bertahun-tahun. Ketika pulang, ia ditanya oleh Syekh Hammad Dabbas (guru Syekh Abdul Qodir), "Kemana saja selama ini kalian berkelana?"

Umar menjawab, "Aku mengelilingi Mesir hingga Maghrib, dan aku berjumpa dengan 360 wali Allah. Mereka semua berkata, "Syekh Abdul Qodir Jailani adalah syekh dan pemimpin kami."

Related

Moslem World 4931927471519379052

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item