Makhluk-makhluk Aneh Penghuni Laut yang Jarang Kita Tahu (Bagian 4)

Makhluk-makhluk Aneh Penghuni Laut yang Jarang Kita Tahu

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Makhluk-makhluk Aneh Penghuni Laut yang Jarang Kita Tahu - Bagian 3). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Rhincondon

Hiu berjumbai, atau dengan nama lain Chlamydoselachus anguineus, adalah salah satu makhluk dengan bentuk seperti hewan purba. Percaya atau tidak, hiu dengan bentuk purba ini diketahui saat berenang di air dangkal dan difilmkan di Jepang. Normalnya, makhluk ini dapat ditemukan hanya pada kedalaman antara 50 m dan 1.500 m.

Barrelleye Fish 

Barreleye Pasifik (Macropinna microstoma) adalah salah satu dari kelompok ikan laut dalam yang telah berevolusi dan beradaptasi dengan lingkungan gelap gulita, dalam berbagai cara yang menakjubkan.

Keunikan ikan ini adalah memiliki kepala transparan dan mata di dalam. Biasanya melihat dalam posisi ke atas untuk menyaring sinar matahari, dan mata Barreleye Pasifik bisa berputar.

Lancet Fish

Lancetfish bertampang sangat prasejarah. Gigi pada rahangnya tampak tajam dan memiliki ‘layar’ di punggung, mirip beberapa jenis dinosaurus. Bahkan nama ilmiahnya bersifat dinosaurian: Alepisaurus ferox.

Mencapai panjang tubuh hingga dua meter, predator ini ditemukan di semua samudra kecuali daerah kutub. Ia sangat rakus, makan ikan kecil dan cumi-cumi.

Pale Red Acorn Worm

Salah satu makhluk laut dalam yang tinggal pada kedalaman 2.700 meter di bawah permukaan laut.

Snakehead Fish

Ikan gabus adalah sejenis ikan buas yang hidup di air tawar. Dalam bahasa Inggris juga disebut dengan berbagai nama, seperti common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead, dan juga aruan. Nama ilmiahnya adalah Channa striata (Bloch, 1793).

Bathypelagic Ctenophore

Bathypelagic Ctenophore hidup di laut dalam, antara 1.000 dan 4.000 meter di bawah permukaan laut.

Basking Shark Mouth

Basking Shark Mouth adalah ikan terbesar kedua setelah paus. Ikan jenis ini dapat ditemukan di seluruh perairan. Ikan ini berenang sangat pelan, dan mempunyai gigi yang kecil namun banyak.

Black Chimaera

Ikan jenis ini memiliki bentuk antara hiu dan ikan pari, dan merpakan anggota himaeriformer. Tidak seperti ikan jenis lain, ikan ini mempunyai tulang rawan, dan kulitnya sangat halus, juga tidak memiliki sisik seperti ikan lain. Ikan ini mempunyai tubuh yang langsing, dan dapat tumbuh sampai 4,5 kaki.

Hatchet Fish

Dinamakan ikan kapak, karena bentuk tubuhnya menyerupai kapak. Ikan jenis ini merupakan anggota dari keluarga Sternoptychidae. Ada sekitar 45 jenis spesies ikan kapak yang memiliki panjang beragam, antara 1 sampai 6 inci.

Scaly Dragonfish

Sungut panjang pada dagu ikan dragon (stomias boa) memiliki pendaran untuk menarik perhatian mangsanya. Dengan mulut yang lebar dan tajam, gigi melengkung, sangat efisien untuk menangkap mangsa dengan cepat. Ikan ini hidup di kedalaman 200 sampai 1.500 meter. Panjang tubuh mereka sekitar 32 cm.

Benthic Holothurian

Benthic holothurian (Peniagone porcella) hidup di kedalaman 2500 m. Makhluk yang memiliki tampang alien yang bercahaya ini adalah jenis baru yang ditemukan oleh peneliti di kedalaman 1.200 kaki di bawah permukaan lautan Atlantik.

Monkfish

Monkfish dikenal dengan banyak sebutan, antara lain goosefish, anglerfish, dan mulut besar. Bentuknya besar, jelek, dan menghuni dasar laut yang dapat ditemukan di daerah berbatu lautan Atlantik. Ukuran ikan ini sekitar 3 kaki, tubuhnya besar, mulut besar, dengan tampang yang sangat menakutkan.

Lion Fish

Jika diserang, ikan lionfish akan menyemburkan racun yang mematikan lewat jarum pada bagian sirip punggungnya. Efek yang dihasilkan sangat menyakitkan bagi manusia, dan dapat menyebabkan mual dan sesak napas.

Polynoid Worm

Cacing Polynoid Polychaete ini dapat ditemukan pada kedalaman 2.500 m di bawah permukaan laut di perairan Atlantik.

Related

Science 6815327688799678892

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item