Makhluk-makhluk Aneh Penghuni Laut yang Jarang Kita Tahu (Bagian 3)

Makhluk-makhluk Aneh Penghuni Laut yang Jarang Kita Tahu

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Makhluk-makhluk Aneh Penghuni Laut yang Jarang Kita Tahu - Bagian 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Hairy Frogfish

The hairy frog fish adalah salah satu jenis ikan dengan bentuk aneh asli Indonesia, dengan habitat di terumbu karang yang mempunyai warna menyerupai dirinya. Ikan ini dipenuhi rambut yang merupakan ganggang sebagai kamuflase.

Frogfish adalah ikan penyendiri, dan suka bersembunyi di antara terumbu karang sambil menunggu mangsanya. Ketika mangsa mendekat, ikan ini akan menerkam dengan cepat. Teknik ini hampir mirip dengan yang dilakukan oleh katak, dan merupakan salah satu predator yang bersembunyi di karang.

Vampire Squid

Salah satu hewan laut dalam yang paling misterius adalah cumi-cumi vampir (vampire squid). Nama cumi-cumi vampir dalam bahasa Latin adalah "Vampyroteuthis infernalis", yang kurang lebih berarti "cumi-cumi vampir dari neraka". Nama itu diberikan karena penampilannya yang aneh dan menyeramkan.

Cumi-cumi ini berukuran 30 cm (cukup besar untuk ukuran cumi-cumi) dan memiliki warna merah terang. Cumi-cumi ini dapat ditemukan di kedalaman 600-1.000 meter. Hewan ini pertama kali ditemukan tahun 1903, dan mulanya dikelirukan sebagai gurita (octopus).

Blobfish

Blobfish, yang ditemukan di sebelah tenggara perairan Australia, tampaknya memiliki alasan kuat untuk menampilkan wajah sendu. Karena, berdasarkan keterangan Profesor Callum Roberts, Blobfish terancam punah akibat aksi penangkapan ikan secara besar-besaran.

"Blobfish sangat rentan terjerat pukat nelayan, dan kita tahu bahwa Blobfish hanya bisa hidup di perairan ini," kata Roberts, seperti dikutip dari Daily Mail.

Rata-rata Blobfish hidup di kedalaman yang berjarak hingga 800 meter dari permukaan air. Itu sebabnya keberadaan Blowfish sangat jarang terlihat oleh manusia.

Bat Fish

Batfish adalah sejenis ikan dengan kombinasi tak lazim. Dengan bentuk tubuh yang tegas, ikan ini terlihat elegan dan efisien. Ikan ini mendiami dasar perairan. Batfish dapat berenang tapi tidak terlalu lincah. Mereka suka berdiam diri dan tidak bergerak sama sekali, atau sekadar “berjalan-jalan” di dasar laut.

Giantisopod

Makhluk ini merupakan salah satu makhluk aneh yang ditemukan di dasar laut. Giantisopod memiliki nama ilmiah Bathynomus giganteus. Merupakan anggota nomor sembilan dalam keluarga bathynomus, dan anggota paling besar dalam keluarga isopod (kelompok crustacean yang dekat dengan udang dan kepiting).

Jenis ini bukan merupakan ikan komersial. Namun di Taiwan, jenis ini dimasak dan dihidangkan dengan nasi.

Ada beberapa spesies raksasa isopoda, Bathynomus, yang ditemukan di seluruh dunia, tetapi semua hampir identik. Isopoda raksasa ini diperkirakan telah berevolusi sekitar 160 juta tahun lalu, dan hanya berubah sangat sedikit.

Branchionichthys Hirsutus

Sejenis anglerfish yang sangat langka. Ada 14 jenis spesies handfish yang dikenal di dunia, dan sebagian besar dapat ditemukan di Australia bagian tenggara. Seperti frogfish, ikan ini mempunyai sirip dada yang dapat digunakan untuk berjalan.

Seperti kebanyakan jenis anglerfish lain, ikan ini mempunyai semacam umpan kecil di kepalanya untuk memikat mangsa.

Ogrefish

The Fangtooth Fish atau Anoplogaster cornuta merupakan ikan yang mengerikan. Ikan ini dikenal dengan sebutan orgefish, dan ditemukan pada kedalaman sekitar 3 mil dari permukaan laut.

Ikan yang berotot ini mempunyai gigi yang sangat panjang. Yang menarik, ketika rahang ikan ini menutup, bagian bawah gigi meluncur ke tempat khusus di kedua sisi otak untuk menghindari tertusuk.

Markhayward Frillshark Living Fossil

Inilah hiu predator laut dalam, salah satu hiu paling primitif yang masih hidup hingga sekarang. Hewan ini telah ada sejak masa Cretaceous, yaitu saat dinosaurus menguasai Bumi.

Makhluk yang dijuluki hiu Berjumbai (frilled shark) ini dapat tumbuh hingga 2 meter. Hiu betina lebih besar daripada jantannya, dan sebagian besar makan cumi-cumi.

Sebenarnya, mereka tidak berbahaya bagi manusia, dan kenyataannya kebanyakan mereka menghabiskan seluruh hidup tanpa bertemu manusia. Hanya spesimen mati yang biasanya dilihat dan direkam oleh nelayan atau ilmuwan.

Baca lanjutannya: Makhluk-makhluk Aneh Penghuni Laut yang Jarang Kita Tahu (Bagian 4)

Related

Science 2111455999190514899

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item