Ini 7 Remaja Hebat dengan Karya dan Penemuan yang Mendunia

Ini 7 Remaja Hebat dengan Karya dan Penemuan yang Mendunia

Naviri Magazine - Remaja adalah usia yang sering diidentikkan dengan hura-hura, pesta, serta berbagai aktivitas yang kesannya hanya bersenang-senang. Memang kenyataannya ada banyak remaja yang seperti itu—mereka menikmati usia remaja untuk hura-hura dan bersenang-senang.

Namun bukan berarti semua remaja pasti seperti itu. Di berbagai belahan dunia, ada banyak remaja yang justru mengisi waktunya untuk hal-hal bermanfaat, bahkan mampu menghasilkan aneka temuan yang bermanfaat bagi kehidupan dunia. Berikut ini 7 di antaranya.

Elif Bilgin, penemu bioplastik dari kulit pisang

Seorang perempuan remaja asal Turki berusia enam belas tahun, bernama Elif Bilgin, telah menciptakan plastik ramah lingkungan yang terbuat dari limbah kulit pisang. Ide Elif ini diawali ketika ia mendapati kandungan pati dan selulosa yang terkandung dalam lapisan luar kulit pisang berguna untuk menjaga kesegaran daging buah pisang di dalamnya.

Bilgin pun menciptakan bioplastik dari limbah kulit pisang. Diharapkan, di masa depan mampu mengurangi polusi yang disebabkan karena limbah produk plastik yang berbasis minyak bumi.

Penemuan Bilgin memenangkan hadiah utama dan uang tunai 50.000 dolar AS di Scientific American Science, dan memenangkan gelar juara harapan di Google Science Fair.

Murid SMP penemu generator tenaga urin

Empat murid SMP asal Nigeria, bernama Duro-Aina Adebola (14), Akindele Abiola (14), Faleke Oluwatoyin (14), dan Bello Eniola (15) telah membuat takjub para peneliti dunia dengan hasil temuan mereka, yakni generator atau pembangkit listrik dengan tenaga urin.

Gadis-gadis itu mengembangkan generator yang bisa menghasilkan daya untuk enam jam, hanya dengan satu liter urin. Perangkat ciptaan mereka ini akan mengisolasi hidrogen dalam air seni, agar dapat digunakan sebagai sumber energi.

Hidrogen kemudian dimurnikan dengan filter air khusus, kemudian diekstraksi ke dalam tabung gas. Hidrogen ini kemudian dimurnikan sekali lagi dalam silinder yang menyaring semua cairan dari hidrogen tadi.

Boyan Slat, penemu Ocean Cleanup Array

Namanya Boyan Slat, dengan usia 19 tahun. Ia remaja asal Belanda yang menemukan perangkat yang dapat membersihkan sekitar 20 miliar ton sampah plastik dari lautan di dunia.

Boyan menciptakan perangkat terapung yang mampu mengumpulkan sampah plastik di lautan, dan sekaligus mengolahnya kembali di saat bersamaan. Perangkat ini tidak akan membahayakan bagi hewan laut atau plankton yang melaluinya.

Boyan berpendapat, inovasinya bisa membuat perbedaan besar untuk kebersihan lautan dalam jangka pendek. Tetapi untuk jangka panjang, masyarakat dunia memang harus mengurangi ketergantungan mereka terhadap produk plastik. 

Param Jaggi, penemu algae mobile

Sudah umum diketahui, kendaraan bermotor seperti mobil dan motor menghasilkan emisi gas karbon dioksida dan karbon monoksida, yang ikut menyumbang polusi udara. Tetapi dengan kreativitas, ternyata kendaraan bermotor juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi polusi udara.

Seorang remaja bernama Param Jaggi, murid SMA Plano East berusia 17 tahun, telah menemukan teknologi yang memungkinkan sebuah mobil mengonversi karbon dioksida menjadi oksigen, selagi dikendarai.

Param merancang perangkat yang dimasukkan ke dalam pipa knalpot di sisi belakang mobil. Perangkat ini dilengkapi fungsi ganggang atau algae yang mampu menyerap gas, dan mengonversinya menjadi oksigen melalui proses fotosintesis.

Eesha Khare, penemu charger super cepat

Berkat penemuan seorang murid SMA berusia 18 tahun asal Saratoga, California, Eesha Khare, pada tahun 2013, sekarang dunia memiliki teknologi yang memungkinkan kita mengisi daya baterai gadget dan peralatan bertenaga listrik lainnya dalam waktu super singkat, yaitu 20 sampai 30 detik saja.

Eesha telah menciptakan perangkat penyimpanan energi yang bisa terisi penuh, hanya dalam hitungan detik. Perangkat itu sangat efisien dan hemat biaya. Terlebih lagi bisa bertahan selama 10.000 siklus pengisian ulang, 10 kali lebih lama dibandingkan baterai konvensional yang hanya bisa dipakai untuk 1.000 siklus.

Jack Andraka, penemu detektor kanker pankreas

Lebih dari 85 persen pasien penderita kanker pankreas terlambat didiagnosis, dan saat diagnosis diputuskan kebanyakan dari mereka tinggal memiliki beberapa persen kesempatan hidup.

Berangkat dari pemikiran itu, Jack Andraka, seorang murid SMA berusia lima belas tahun, mencoba membuat teknologi yang memungkinkan kanker pankreas dideteksi sejak dini.

Jack meyakinkan seorang peneliti kanker terkemuka untuk membiarkan dia menggunakan laboratorium miliknya untuk mengembangkan teorinya tentang deteksi kanker pankreas. Jack kemudian benar-benar berhasil menyelesaikan penelitiannya dengan hasil memuaskan.

Penelitian itu masih harus menjalani serangkaian uji coba. Tetapi pada akhirnya detektor kanker milik Jack berhasil menarik perhatian industri bioteknologi dunia.

Azza Abdel Hamid Faiad, penemu biofuel dari limbah plastik

Remaja Mesir bernama Azza Abdel Hamid, berusia 16 tahun, telah menciptakan penemuan yang sangat berguna untuk menghadapi ancaman kelangkaan sumber daya alam di masa depan. Azza berhasil menemukan cara agar sampah berbasis plastik yang menjadi problem kelestarian lingkungan bisa diubah menjadi sumber bahan bakar alami atau biofuel.

Azza mengklaim, dirinya telah menemukan katalis bernama aluminosilikat, yang akan memecah sampah plastik dan menghasilkan produk gas seperti metana, propana, serta etana, yang kemudian dapat diubah menjadi etanol. Penemuan Azza ini bisa mengubah arah ekonomi negaranya di masa depan.

Konsumsi plastik di Mesir diperkirakan mencapai total satu juta ton per tahun. Dan Azza Abdel Hamid Faiad telah mengembangkan teknologi yang memungkinkan limbah nyaris tak bernilai yang menumpuk di negaranya tersebut untuk bisa diubah menjadi bahan bakar senilai 78.000.000 dolar AS setiap tahun.

Related

Science 5307528620467852989

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item