Ternyata, Bumi Pernah Dilanda Kiamat Pada 444 Juta Tahun Lalu

Ternyata, Bumi Pernah Dilanda Kiamat Pada 444 Juta Tahun Lalu

Naviri Magazine - Great Cataclysm adalah peristiwa kepunahan massal yang terjadi di bumi. Dan Great Cataclysm pertama dalam sejarah kehidupan di planet bumi adalah O-S Extinction. O-S merupakan singkatan Ordovician–Silurian. Extinction merupakan peristiwa kepunahan massal yang mengakhiri era Ordovician, masa dimana dinosaurus baru akan muncul beratus juta tahun lagi.

Di zaman ini, kehidupan masih berorientasi di lautan (baru sedikit hewan darat). Peristiwa ini memusnahkan sekitar 86% spesies yang hidup pada zaman itu.

Penyebab kepunahan massal dalam peristiwa ini sangat kompleks dan saling menguatkan dengan berbagai teori. Mulai dari teori adanya paparan sinar gamma dari Hypernova (ledakan bintang yang bahkan jauh lebih kuat dari Supernova, berasal dari bintang yang jauh lebih besar dari matahari) yang berjarak 6000 tahun cahaya dari bumi, sampai logam beracun yang mengontaminasi dari batuan di dasar lautan.

Namun, pendapat paling kuat adalah peristiwa Ice Age yang sangat buruk, dan terjadi sangat singkat. Ice Age disebabkan serangkaian peristiwa tektonik yang menyebabkan pembentukan kutub, yang menyebabkan penurunan permukaaan air laut.

Hal ini mengangkat batuan silikon ke udara, yang menghisap CO2 dari atmosfer, sehingga efek rumah kaca berkurang. Hal ini memperburuk iklim bumi, sehingga bumi semakin dingin, dan terjadilah kepunahan massal.

Related

Science 6141263100623143511

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item