Mengenang Gundala Putra Petir, Film Superhero Asli Indonesia

Mengenang Gundala Putra Petir, Film Superhero Asli Indonesia

Naviri Magazine - Pada tahun 1981, popularitas komik Gundala merambah layar perak di Indonesia. Dengan membeli lisensi dari pengarangnya, PT. Cancer Mas Film menvisualisasikan komik tersebut dengan disutradarai oleh Lilik Sudjio.

Aktor yang yang ditunjuk sebagai Ir. Sancaka atau Gundala adalah Teddy Purba, yang terkenal sebagai salah satu bintang laga Indonesia saat itu. Musuh bebuyutannya, Ghazul, diperankan oleh aktor watak W.D. Mochtar, serta Anna Tairas sebagai kekasih Sancaka, Minarti.

Aktor dan aktris lain yang yang terlibat dalam pembutan film tersebut antara lain Ami Prijono, August Melasz, Pitrajaya Burnama, H.I.M. Damsyik, Gordon Subandono, A. Hamid Arief, Rini Ratih, Dewanti, dan Ratno Timoer.

Meskipun setting tempatnya diubah dari Jogjakarta menjadi Jakarta, film ini tetap setia pada pakem cerita berdasarkan komik yang ditulis Hasmi.

Diceritakan, seorang insinyur bernama Sancaka berhasil menemukan formula anti petir. Malangnya, penemuan ini malah mengakibatkan Sancaka harus putus dengan kekasihnya, Minarti, akibat lupa menghadiri acara ulang tahunnya.

Di tengah kesedihan dan derasnya hujan, Sancaka tersambar petir, dan terbawa ke dunia kaisar Kronz. Dari situ, ia kemudian diberi kekuatan dan kostum yang mengubahnya menjadi Gundala.

Sementara itu peredaran narkotika oleh sekelompok organisasi yang dipimpin oleh Ghazul mulai merajalela. Maka dimulailah pertarungan antara kebaikan melawan kejahatan.

Gundala (2019)

Pada 2017, diumumkan bahwa sutradara Joko Anwar akan menyutradarai film Gundala terbaru, dengan pemeran Abimana Aryasatya, Bront Palarae, Tara Basro, dan Rio Dewanto. Pengambilan gambar untuk keperluan film ini dilakukan mulai September-Oktober 2018, dan akan dirilis pada 29 Agustus 2019.

Film ini diproduksi oleh Screenplay Films, Legacy Pictures, bersama pemilik hak cipta Gundala, Bumilangit Studios. Film tersebut berdasarkan pada cerita karakter pahlawan super Indonesia tahun 1969, Gundala, yang dibuat oleh Harya Suraminata. Karakter utamanya diperankan oleh Abimana Aryasatya.

Related

Film 1454666512381974965

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item