Benarkah Kantong Plastik Mengandung Zat Kimia Berbahaya?

Benarkah Kantong Plastik Mengandung Zat Kimia Berbahaya?

Naviri Magazine - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan peringatan resmi tentang bahaya kantong plastik—yang lazim disebut kantong/plastik kresek.

Hal itu dilatarbelakangi penelitian yang menunjukkan bahwa kantong plastik kresek, terutama berwarna hitam, merupakan produk daur ulang yang mengandung bahan kimia berbahaya, sehingga dikhawatirkan dapat mengontaminasi makanan di dalamnya.

Selain itu, dalam proses daur ulang, produsen juga (sering kali) tidak memperhatikan riwayatnya—apakah plastik itu bekas digunakan untuk membungkus pestisida, limbah rumah sakit, kotoran hewan, kotoran manusia, atau limbah logam berat.

Karenanya, BPOM pun meminta masyarakat agar tidak menggunakan kantong kresek sebagai wadah makanan, terutama makanan siap santap. Selain diragukan kebersihannya, kantong kresek berwarna dikhawatirkan mengandung zat karsinogen, yang dalam pemakaian jangka panjang bisa memicu kanker.

Bahan kimia pada plastik kresek tidak hanya mudah terurai, namun juga berpindah ketika terkena makanan panas, mengandung asam, cuka, vitamin C, berminyak, atau berlemak.

Karena itu pulalah Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor dan Institut Pertanian Bogor (IPB) mengimbau agar daging kurban tidak dimasukkan dalam kantong kresek, terutama yang berwarna hitam.

Sebenarnya, selain kantong plastik kresek, kemasan plastik berbahan polivinil klorida (PVC) dan kemasan makanan styrofoam juga berisiko melepaskan bahan kimia berbahaya.

Karena itu, sebaiknya hindari menggunakan kemasan makanan yang mengandung PVC sebagai wadah makanan panas, berminyak, berlemak, atau mengandung alkohol.

Related

Science 5714112641258645850

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item