Wow, YouTuber Berusia 6 Tahun Ini Beli Rumah Seharga Rp 112 Miliar

Wow, YouTuber Berusia 6 Tahun Ini Beli Rumah Seharga Rp 112 Miliar

Naviri Magazine - Seorang YouTuber asal Korea Selatan, yang masih berusia 6 tahun, sudah bisa membeli properti seharga jutaan dolar AS di Seoul.

Boram, yang memiliki 30 juta subscribers di YouTube, dilaporkan CNN membeli bangunan seharga 9,5 miliar won Korea, atau setara Rp 112 miliar, di kawasan Gangnam, Seoul, pada awal 2019.

Properti itu dibeli melalui perusahaan keluarga Boram, yang dibangun oleh orang tua Boram, menurut dokumen registrasi real estate publik.

Boram memiliki dua akun YouTube populer. Pertama, sebuah saluran review mainan, dengan 13,6 juta subscribers, dan kedua adalah akun video blog alias vlog dengan 17,6 juta subscribers.

Dalam salah satu video terpopulernya, yang menarik lebih dari 376 juta views, Boram membuat mie instan menggunakan mainan dapur plastik, dan memakannya secara antusias di depan kamera.

Meski begitu, ternyata ada konten Boram yang sempat menimbulkan kontroversi di Korea Selatan. Pada 2017, organisasi non-pemerintah Save The Children menerima komplain dari warga di Korea Selatan yang khawatir video Boram bisa memberi dampak buruk pada emosional dan perkembangan etika anak-anak.

Beberapa video yang disorot adalah adegan ketika Boram pura-pura mencuri uang dari dompet ayahnya, dan mengendarai mobil di jalanan. Hal ini diungkapkan oleh manajer departemen advokasi Save The Children, Koh Woohhyun, kepada CNN.

Save The Children kemudian melaporkan video Boram ke polisi. Setelah itu, pengadilan Seoul memerintahkan orang tua Boram untuk melengkapi pelatihan konseling untuk mencegah pelecehan anak. Video-video yang dianggap mengganggu pun sudah dihapus dari YouTube.

Ledakan bintang YouTube anak-anak

Selain Boram, ada beberapa anak-anak lain yang diketahui menjadi bintang besar di YouTube. Misalnya Ryan Kaji atau biasa dikenal lewat akunnya, Ryan ToysReview. Pada 2018 lalu, bocah berusia tujuh tahun itu menjadi YouTuber dengan pendapatan terbesar, menurut Forbes. Ia meraup 22 juta dolar AS pada tahun lalu, lewat channel YouTube yang memiliki subscriber lebih dari 20 juta.

Kemudian, ada Tydus Talbott atau Mini Jake Paul, yang muncul di channel Trav and Cor di YouTube, dengan 3,1 juta subscribers.

YouTuber memang dapat meraih pendapatan dari banyak cara, seperti mendapat potongan dari iklan yang tampil di videonya, atau bermitra dengan brand-brand tertentu. Tidak aneh melihat anak-anak yang menjadi YouTuber ini memiliki penghasilan yang besar.

Related

World's Fact 8147148303503204063

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item