Ibu Kota Indonesia Akan Pindah ke Kalimantan Timur Pada 2023

Ibu Kota Indonesia Akan Pindah ke Kalimantan Timur Pada 2023

Naviri Magazine - Menteri Agraria Tata Ruang (ATR) dan Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan Djalil, memastikan lokasi ibu kota baru akan berada di Provinsi Kalimantan Timur.

"Iya Kaltim, benar. Tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana," kata Sofyan kepada wartawan di Kantor Kemenko Perekonomian.

"Begitu diputuskan di mana lokasi tepatnya, akan kami kunci [lahannya]," tambahnya.

Sebelumnya, ada tiga kandidat provinsi pengganti Jakarta. Selain Kaltim, ada nama Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Luas lahan yang diperlukan minimal 3.000 hektare, kata Sofyan.

Di sana akan dibangun fasilitas utama, seperti gedung pemerintahan dan legislatif. Ini akan bertambah seiring dengan penambahan fasilitas publik, seperti taman kota.

"Setelah itu meluas, bisa 200-300 ribu hektare. Bisa bikin taman kota indah, orang bisa hidup sehat, udara bersih. Kami harapkan jadi kota menarik buat dihidupi."

Ibukota baru akan mulai dibangun pada 2021. Perpindahan rencananya akan mulai dilakukan pada tahun 2023-2024. Ongkosnya Rp466 triliun dengan didukung investasi, KPBU, dan APBN.

Ibu Kota Indonesia Akan Pindah ke Kalimantan Timur Pada 2023

Related

News 3969931383325550194

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item