Kapal-kapal Nusantara yang Diwujudkan Kembali oleh Ilmuwan Dunia

Kapal-kapal Nusantara yang Diwujudkan Kembali oleh Ilmuwan Dunia

Naviri Magazine - Nick Burningham adalah seorang arkeolog maritim berkebangsaan Australia, yang tertarik dengan seni pembuatan kapal tradisional di Indonesia. Selama kurang lebih 20 tahun, Nick Burningham melakukan penelitian kapal tradisional di Indonesia.

Karya Nick Burningham yang terbesar di Indonesia adalah merekonstruksi kapal Borobudur berdasarkan relief kapal di dinding Candi Borobudur. Tetapi gagasan merekonstruksi kapal Borobudur bukan berasal dari Nick, melainkan dari Philip Beale, seorang warga negara Inggris yang terobsesi dengan relief kapal di dinding Candi Borobudur, saat mengunjunginya pada tahun 1982.

Phlip Beale kemudian melayarkan kapal Borobudur dari Indonesia ke Madagaskar, diteruskan ke Afrika Barat bersama kru Kapal Borobudur yang ingin menjajal keperkasaan kapal itu dari berbagai negara, di antaranya; Amerika Serikat, Inggris, Iran, Afrika Selatan, Selandia Baru, dan Australia.

Sebelum Nick Burningham dan Philip Beale merekonstruksi kapal Borobudur, Yoshiyuki Yamamoto, seorang warga Jepang, berhasil merekonstruksi kapal Borobudur pada 1992 dan melayarkannya ke Jepang. Kini, kapal Borobudur yang dilayarkan dari Indonesia ke Jepang oleh Yoshiyuki Yamamoto disimpan di Museum Maritim Osaka, Jepang.

Saat ini, Japan Majapahit Association tertarik ingin merekonstruksi kapal peninggalan zaman kekaisaran Majapahit. Lokasi rekonstruksi dipilih di Sumenep, berdasarkan alasan historis bahwa Adipati Sumenep, Arya Wiraraja, membantu Raden Wijaya saat mengusir pasukan Mongol dari tanah Jawa, dan membangun Keraton Wilwatikta Majapahit di Hutan Tarik.

Related

Science 6552212742460811775

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item