Unik dan Canggih, Kertas Ini Bisa Dipakai Berulang-ulang Hingga 20 Kali

Unik dan Canggih, Kertas Ini Bisa Dipakai Berulang-ulang Hingga 20 Kali

Naviri Magazine - Meskipun saat ini teknologi telah semakin canggih, tetapi hal itu tidak membuat penggunaan kertas semakin berkurang. Berbagai informasi direkam pada kertas, dan biasanya hanya digunakan satu kali.

Melihat hal tersebut, sekelompok ilmuwan dari California, Amerika Serikat, melakukan penelitian untuk menghasilkan kertas jenis baru, yang dapat menghapus tinta yang ada di atasnya.

Percobaan tersebut berhasil, dan menghasilkan kertas jenis baru yang mampu menghilangkan tinta yang berada di atasnya. Dengan begitu, kertas dapat digunakan kembali hingga 20 kali, tanpa pengurangan kualitas yang signifikan.

"Kertas yang dapat ditulis ulang tidak membutuhkan tinta tambahan untuk mencetaknya, sehingga layak secara ekonomi maupun secara lingkungan," kata seorang peneliti.

Adapun cara kerja kertas jenis baru ini, dikutip dari Fox News, tinta tidak digunakan untuk membuat teks atau gambar, tapi proses pencetakan akan bekerja dengan cara sebaliknya.

Kertas ini hadir dalam warna merah, biru, dan hijau. Proses pencetakan dilakukan dengan cara memutihkan kertas, di mana teks tidak muncul, bukan menambahkan tinta di mana teks akan muncul seperti yang ada saat ini.

Proses pencetakan tersebut membuat teks menjadi mudah hilang, daripada menggunakan tinta seperti saat ini. Sebab, hanya dengan terpapar oksigen saja, teks dapat terhapus, dengan membuat bagian yang diputihkan kembali ke warna asli.

"Huruf-huruf yang dicetak tetap terbaca dengan resolusi tinggi, selama lebih dari tiga hari. Cukup panjang bagi penggunaan praktis seperti untuk kertas koran," kata peneliti.

Selain terpapar oksigen, pemanasan pun dapat menghapuskan huruf, bahkan bisa mempercepatnya. Pemanasan pada kertas generasi terbaru ini mempercepat proses penghapusan selama 10 menit.

Related

Technology 3505254975615403882

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item