Kisah Nabi Yahya, Sendirian Melawan Raja yang Kejam dan Lalim

Kisah Nabi Yahya, Sendirian Melawan Raja yang Kejam dan Lalim

Naviri Magazine - Nabi Yahya AS adalah putra tunggal Nabi Zakaria AS. Meskipun ia dilahirkan oleh pasangan yang sudah sangat tua, namun ia tetap tumbuh sebagai manusia yang normal dan sehat. Kisah kelahiran Nabi Yahya AS terdapat dalam Al Quran, surat Ali-'Imrân: 38-41.

Oleh kaumnya, Nabi Yahya AS dikenal sebagai orang alim, menguasai soal-soal keagamaan, dan hafal kitab Taurat, serta menjadi hakim dalam hukum agama. Dalam usahanya menegakkan kebenaran, Nabi Yahya dikenal sangat berani.

Pada masa itu, Hirodus, penguasa Palestina, merencanakan menikah dengan kemenakannya sendiri, Hirodia. Hirodia merasa senang jika diperistri oleh seorang raja. Ia seorang gadis yang haus kekuasan dan harta. Tapi Yahya melarang pernikahan itu, karena bertentangan dengan aturan kitab Taurat dan Zabur.

Seluruh istana pun gempar, mereka setuju dengan pendapat Yahya. Raja menjadi malu dan murka. Ia dan Hirodia berusaha mencari jalan untuk membungkam mulut Yahya, bahkan bila perlu membunuhnya.

Maka, suatu hari, dengan berdandan cantik, Hirodia datang menemui Yahya di rumahnya. Ia mencoba merayu Yahya untuk melakukan perbuatan mesum. Ia berharap, sesudah melakukan perbuatan nista itu, Yahya akan menjadi penurut dan tidak lagi menentang pernikahannya dengan Raja Hirodus.

Tentu saja rayuan ini ditolak tegas oleh Yahya. Pemuda itu tidak tergoda sedikit pun, bahkan sebaliknya ia merasa jijik dengan sikap Hirodia yang sangat tidak bermoral. Ia mengusir Hirodia dengan suara sangat keras, seolah menggelegar di telinga Hirodia.

Hirodia merasa malu dan terhina, karenanya ia menyimpan dendam dan sangat membenci Yahya. Ia lalu memfitnah Yahya, dengan mengadu kepada Hirodus bahwa Yahya telah mencoba memperkosanya.

Tentu saja fitnah Hirodia ini membakar kemarahan Raja Hirodus. Ia mengutus bala tentaranya untuk memenggal kepala Yahya. Para tentara itu sebenarnya keberatan. Namun, jika menolak, mereka diancam dengan hukuman yang sangat berat. Maka, dengan segala cara mereka berusaha menangkap Yahya, membawanya ke penjara, dan memenggal kepalanya di sana.

Related

Moslem World 9213855213002033975

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item