Ini yang Terjadi Jika Kita Bisa Masuk ke Dasar Bumi Paling Dalam

Ini yang Terjadi Jika Kita Bisa Masuk ke Dasar Bumi Paling Dalam

Naviri Magazine - Apa yang akan terjadi jika kita mengebor lubang menembus Bumi dari sisi ke sisi, dan kita masuk ke dalamnya?

Well, siapa yang ingin melakukan hal seperti itu? Jelas, tidak ada. Hal ini akan membuat Anda bangkrut, dan itu juga akan membunuh Anda dalam sejumlah cara yang mengerikan. Tapi, mari kita mengatakan bahwa beberapa ilmuwan gila berani melakukan hal tersebut, hanya untuk kepentingan sains. Secara teoritis, apa yang akan terjadi?

Pertama, mari kita perjelas. Anda tidak dapat mengebor lubang melewati pusat bumi. Saat ini, kita belum memiliki teknologi untuk melakukan hal itu. Tapi tentu saja, kita bisa mengebor lubang di bumi. Yang jadi pertanyaan, seberapa dalam kita bisa mengebornya?

Untuk saat ini, lubang terdalam di Bumi adalah di sumur bor Kola Superdeep. Pengeborannya dimulai pada 1970-an dan selesai sekitar 20 tahun kemudian, ketika tim mencapai kedalaman 40.230 kaki (12.262 meter). Itu sekitar 7,5 mil atau hanya lebih dari 12 km. Jika dibandingkan diameter Bumi, itu hanya sampai di kulit arinya.

Jadi, mengapa kita berhenti? Nah, semua mulai memanas karena Anda berada lebih dekat ke pusat bumi. Hal ini karena inti bumi berisi logam cair yang mencapai suhu melebihi 9700 ° F (5400 ° C). Dan pada kedalaman hanya 7,5 mil, tim sudah mendapat suhu melebihi 350 ° F (sekitar 170 ° C). Suhu seperti ini bisa membuat Anda terbakar, jika tanpa baju pelindung.

Tapi jika, entah bagaimana, Anda berhasil mengebor lebih dalam, Anda akan menabrak magma yang berada sekitar 30 mil (48 km) di bawah permukaan planet. Pada saat itu, Anda akan terbakar.

Bahkan seandainya Anda berhasil mengatasi kendala ini, jika Anda mengembangkan beberapa jenis tabung yang memungkinkan Anda aman melewati magma panas ini, maka udara yang akan membunuh Anda. Atau, lebih tepatnya, tekanan udara.

Sama seperti Anda merasakan tekanan ketika berenang jauh ke dalam air, Anda merasakan tekanan ketika Anda memiliki lebih banyak udara di atas Anda (ini sebabnya mengapa atmosfer tebal Venus akan membuat tubuh Anda gepeng jika berjalan di permukaannya). Di planet kita, Anda hanya harus turun sekitar 31 mil (50 km) sebelum tekanan dalam tabung menjadi setinggi dasar laut.

Tetapi bahkan jika Anda berhasil membuat tabung yang memungkinkan Anda melewati magma ini, mengisap semua udara keluar dari tabung, dan mengenakan pakaian astronot sehingga Anda bisa bernapas, masih akan ada masalah.

Singkatnya, sekitar setengah jalan menuju pusat bumi, Anda akan bergerak ke samping sekitar 1.500 mph (2.400 kmh) lebih cepat dari dinding tabung Anda. Hal ini disebabkan efek “coriolis forces”. Fakta ini jelas sangat buruk bagi kesehatan jangka panjang. Anda akan terpental, terbentur, dan miring dari sisi tabung, sampai Anda mati.

Tapi jika semua masalah ini dapat diatasi, berapa menit yang Anda butuhkan untuk menembus ke sisi lain Bumi? Jawabannya adalah 38 menit.

Namun, masalah tidak berhenti di situ. Karena gravitasi Bumi yang ekstrem dan momentum Anda yang juga ekstrem, setelah Anda sampai ke sisi lain, Anda akan jatuh lagi melalui bumi. Dan Anda akan melakukan hal yang sama setelah Anda mendekati sisi lain. Anda akan terombang-ambing secara sinusoidal; Anda akan menjadi manusia yo-yo.

Masih mau mencoba?

Related

Science 8531972986012518942

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item