Moynaq, Kuburan Kapal Terbesar dan Tertua di Dunia

 Moynaq, Kuburan Kapal Terbesar dan Tertua di Dunia

Naviri Magazine - Moynaq adalah sebuah kota di utara Karakalpakstan di bagian barat Uzbekistan. Dihuni hanya beberapa ribu penduduk, populasi Moynoq telah menurun drastis sejak tahun 1980 karena resesi Laut Aral.

Pernah menjadi sebuah kota nelayan yang ramai dan satu-satunya kota pelabuhan Uzbekistan yang dihuni puluhan ribu warga, Moynoq sekarang sepi dan berdiri beberapa kilometer dari garis pantai Laut Aral, yang mengalami penyurutan dengan cepat.

Untuk wisatawan, alasan utama untuk mengunjungi Moynaq adalah untuk melihat kuburan kapal, koleksi raksasa berkarat yang dulunya adalah armada nelayan kota. Ini adalah gambar yang sempurna dari sebuah bencana lingkungan

Sayangnya, tidak ada banyak yang tersisa. Perusahaan-perusahaan besi tua banyak mengambil kapal-kapal ini untuk diambil besinya, sebelum otoritas pariwisata melarangnya.

Ini adalah suatu pukulan tambahan bagi penduduk setempat yang sudah jatuh, karena uang itu tidak diberikan kepada orang-orang yang memiliki kapal, melainkan dibagi antara perusahaan dan pejabat pemerintah.

Related

World's Fact 4078761365390818389

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item