Perbedaan Konten dan Pengguna Twitter, Instagram, dan YouTube

Perbedaan Konten dan Pengguna Twitter, Instagram, dan YouTube

Naviri Magazine - Lydia Manikonda, bersama 2 orang koleganya, pernah melakukan riset berjudul “Tweeting the Mind and Instagraming the Heart: Exploring Differentiated Content Sharing on Social Media”. Melalui penelitian tersebut, mereka mencoba mengidentifikasi karakteristik pengguna aktif Instagram dan Twitter.

Observasi ini dilakukan dengan mengamati aspek linguistik, topik, dan visual dari unggahan penggunanya. Ada 963 responden yang diamati dengan total unggahan di Twitter sebanyak 1.035.840 dan 327.507 unggahan di Instagram.

Manikonda, dkk., menemukan bahwa ada perbedaan besar dari pemanfaatan kedua platform tersebut. Di Instagram, para responden lebih suka mengunggah tentang seni, makanan, kebugaran, mode, perjalanan, teman, dan keluarga. Ini berbeda dengan Twitter yang lebih banyak unggahan olahraga, berita, dan bisnis.

Namun, yang menarik dari riset ini, unggahan di Instagram ternyata lebih banyak mendapat perhatian daripada cuitan di Twitter.

Youtube memang tambang uang 

Studi yang dilakukan oleh Manikonda dkk. sejalan dengan pernyataan Joe Gagliese, salah seorang pendiri Viral Nation, sebuah agen influencer yang memanfaatkan media sosial sebagai panggungnya, dalam wawancaranya dengan Vox.

Gagliese mengatakan bahwa YouTube dan Instagram adalah medium yang paling mudah menjadikan kantong influencer makin tebal, sebab pengaruh mereka di situ sangat kuat. “Mereka memiliki pengikut yang luar biasa terlibat dan memiliki kemampuan untuk mendorong pembeli yang sangat besar,” ujar Gagliese.

Dalam laporan The Economist, Twitter disebut sebagai jejaring sosial yang paling sedikit menghasilkan uang. Juaranya tetap YouTube—tempat nama Atta Halilintar dibesarkan—kemudian disusul oleh Facebook, Instagram, Snapchat, dan Vine.

Related

Internet 907566017115611085

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item