Ternyata Begini Cara Nyamuk Berdiri di Atas Air Tanpa Tenggelam

Ternyata Begini Cara Nyamuk Berdiri di Atas Air Tanpa Tenggelam

Naviri Magazine - Nyamuk bisa berdiri di atas permukaan air, bukan karena nyamuk memiliki piranti tertentu untuk hal itu, melainkan lebih karena tegangan permukaan air.

Tegangan permukaan air terjadi karena interaksi molekul-molekul zat cair di permukaan zat cair tersebut. Setiap benda terdiri dari molekul-molekul kecil yang saling berinteraksi, termasuk air. Setiap benda memiliki jenis molekul yang berbeda. Interaksi antar molekul dalam suatu zat disebut kohesi, sedangkan interaksi antar molekul pada zat yang berbeda disebut adhesi.

Karena setiap molekul air berinteraksi, molekul di dalam air pun mengalami gaya tarik dari segala arah, sehingga menghasilkan gaya total sebesar nol.

Pada permukaan air, hanya terdapat molekul air di samping kanan, kiri, dan bagian bawah yang menariknya, sedang di bagian atas tidak ada molekul air yang memberi gaya tarik. Itulah yang menyebabkan permukaan air tampak memiliki lapisan tipis elastis.

Jika suatu benda diletakkan di atas permukaan air, benda itu akan memberi tekanan tertentu pada permukaan air. Molekul-molekul air di bawah permukaan akan memberikan gaya ke atas untuk menopang benda tersebut. Besarnya gaya ke atas itu merupakan perkalian koefisien tegangan permukaan zat cair dengan luas permukaan benda di atasnya.

Gaya ke atas dari molekul-molekul air itulah yang menyebabkan nyamuk mampu berdiri di atas permukaan air dan tidak tenggelam. Nyamuk memiliki bobot sangat ringan, sehingga tidak mampu memecah tegangan permukaan air.

Berbeda dengan tubuh manusia, misalnya, yang memiliki gaya tekan jauh lebih besar dari tegangan permukaan air, sehingga kita tidak bisa berdiri di permukaan air seperti nyamuk.

Related

Science 1547823876033691466

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item