Ini 5 Fakta Tersembunyi dari Film Parasite yang Jarang Diketahui

 Ini 5 Fakta Tersembunyi dari Film Parasite yang Jarang Diketahui

Naviri Magazine - "Parasite" adalah film asal Korea Selatan yang berhasil memenangkan Palme d'Or atau Palem Emas di Festival Film Cannes 2019. Film ini lagi hype di kalangan pencinta film.

Menurut akun Twitter CBI Pictures, distributor yang membawa film ini ke Indonesia, film karya sutradara Bong Joon Ho ini sudah ditonton sekitar 200 ribu orang di Indonesia. Ini menjadikannya film Korea terlaris kedua sepanjang sejarah di Indonesia, setelah "The Battleship Island" (2017).

"Parasite" menceritakan dua keluarga dengan kelas sosial yang berbeda. Keluarga Mr. Kim yang hidup susah dan pengangguran, tinggal di perumahan padat penduduk. Sedangkan keluarga Mr. Park hidup mewah di rumah besar.

Film ini mempunyai alur cerita yang menarik, kocak, tapi penuh kejutan hingga membuat penonton penasaran hingga akhir cerita.

Meski filmnya tak sulit untuk diikuti, ada beberapa detail yang mungkin kamu lewatkan saat menontonnya. Ingat, tulisan ini mengandung bocoran alias spoiler. Jadi kalau kamu belum nonton filmnya dan tak mau kena spoiler, sebaiknya berhenti membaca sampai di sini. Tapi kalau tak keberatan, silakan lanjut baca.

Kode morse

Dalam film ini, terdapat kode morse yang bermunculan. Kode morse adalah sistem representasi huruf, angka, tanda baca, dan sinyal, dengan menggunakan kode titik dan garis yang disusun mewakili karakter tertentu.

Kode morse muncul saat anak Mr. Park, Park Da Song, yang sangat menyukai pramuka dan Indian, merasa aneh dengan sensor lampu rumahnya yang sering menyala tengah malam.

Ruang bawah tanah 

Di bagian tengah cerita film, ternyata rumah Mr. Park mempunyai ruang bawah tanah yang tidak diketahui orang-orang, termasuk Mr Park yang membelinya dari orang lain.

Rumah-rumah mewah di Korea Selatan biasanya mempunyai ruang bawah tanah. Ruang bawah tanah itu bertujuan agar pemilik rumah bisa berlindung dari serangan nuklir jika Korea Utara menyerang.

CCTV rumah Mr. Park

Banyak dari kalian mungkin bertanya-tanya, kenapa rumah sebesar itu hanya memiliki CCTV di luar rumah? Dalam film, Mr. Park hanya memiliki satu CCTV di rumahnya, yaitu berada di depan garasi.

Faktanya, orang kaya di Korea Selatan sangat menjaga privasinya. Jadi mereka hanya butuh CCTV di luar rumahnya, dan merasa tidak perlu memasang CCTV di dalam rumah mereka.

Latar belakang keluarga Mr. Kim 

Keluarga Mr Kim kelihatannya memang miskin, tapi mereka sebenarnya orang-orang yang luar biasa. Istri Mr. Kim, Choong Sook, adalah mantan atlet lontar martil ketika muda, dan berhasil mendapatkan medali perak.

Foto Choong Sook sebagai atlet beserta medalinya bahkan terpampang di rumah mereka. Medali ini pula yang diselamatkan Mr Kim saat rumah mereka kebanjiran.

Selain itu, anaknya, Ki Woo, meski tak pernah kuliah karena tak punya uang, juga pintar dalam hal akademis, khususnya bahasa Inggris. Anak perempuannya, Ki Jung, sangat mahir dalam desain dan seni, termasuk berakting. Sedangkan Mr. Kim sudah melakukan berbagai macam pekerjaan dan bisnis, namun bisnisnya selalu gagal.

Ki Woo dan Choong Sook didakwa bukan atas pembunuhan

Jelang akhir film, Ki Woo dan ibunya didakwa bersalah di pengadilan. Dakwaan tersebut bukan karena kasus pembunuhan, melainkan karena kasus pemalsuan dokumen, dan masuk ke rumah orang lain secara ilegal. Karena itulah, mereka hanya menjalani masa hukuman percobaan.

Related

Film 7543576341299179908

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item