Menguak Blank 75, Jalur Pendakian Misterius di Gunung Semeru

Menguak Blank 75, Jalur Pendakian Misterius di Gunung Semeru

Naviri Magazine - Apa itu Blank 75? Bagi para pendaki, istilah itu tidak asing lagi. Bahkan jalur di titik tersebut merupakan daerah yang harus diantisipasi bagi pendaki. Jika tidak, malapetaka akan dihadapi. Sudah sering Blank 75 memakan korban, terutama saat pendaki sedang melakukan perjalanan turun dari puncak Mahameru.

Gawatnya Blank 75, menurut Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Ayu Dewi Utari, karena Blank 75 merupakan jalur yang akan dilewati pendaki, baik ketika naik maupun turun.

Blank 75 memiliki keistimewaan tersendiri, karena di jalur itu ada dua arah yang bisa dilewati. “Ada arah ke kanan dan ke kiri. Pendaki harus tepat dalam memilih,” ujar Ayu.

Dua pilihan itu sangat menentukan. Karena jika memilih arah jalur ke kanan, pendaki akan menemukan jalur jalan yang landai, dan pastinya nyaman untuk dilewati. Sebaliknya, jika memilih jalur ke kiri, pendaki akan menemukan jalan terjal dan sempit.

Meski demikian, justru jalur belok ke kanan yang landai itu seringkali memakan korban. Karena di jalur tersebut, kedua sisi jalan setapak adalah jurang dengan kedalaman lenih dari 10 meter. “Berbeda dengan belok ke kiri, meski jalannya terjal. Namun itu adalah jalur yang benar menuju pos bawah,” beber Ayu.

Seperti halnya dalam pencarian terhadap Daniel Saroha (31), pendaki yang dilaporkan hilang, juga difokuskan di Blank 75. Ada dugaan, Daniel tersesat di jalur tersebut. “Pencarian Daniel juga di sana,” ujar Ayu.

Sementara, menurut situs AMC Malang, Blank 75 merupakan seluruh area turun antara lereng pasir Mahameru (Cemoro Tumbang/Cemoro Tunggal, Arcopodo dan sekitarnya) sampai ke Kalimati atau area vegetasi. Semua itu harus diwaspadai, karena penuh jalur jebakan yang membuat pendaki rawan mengalami disorientasi.

Kenapa demikian? Karena selama pendaki turun, track-nya berbelak-belok, terkadang tanpa sadar pendaki sudah mengambil arah yang salah karena ada banyak persimpangan. Dari Arcopodo kembali ke Kalimati, itu sangat membutuhkan kecermatan.

Related

Mistery 3168921911480770574

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item