Apakah Kita Perlu Mengusap Wajah Setelah Doa Qunut?

Apakah Kita Perlu Mengusap Wajah Setelah Doa Qunut?

Naviri Magazine - Doa qunut adalah doa yang dilakukan pada saat berdiri tegak dari ruku’. Hukum doa qunut adalah sunnah, karena bukan termasuk salah satu syarat maupun rukun shalat. Doa qunut dilakukan pada saat shalat subuh, shalat witir di bulan Ramadlan pertengahan akhir, dan pada saat ada bencana atau yang dikenal dengan istilah qunut nazilah.

Terkadang kita temui sebagian orang yang mengusap wajah setelah selesai membaca doa qunut, entah pada saat shalat berjamaah ataupun shalat munfarid (sendiri). Sebenarnya, tidak ada larangan mengusap wajah, tetapi lebih baik tidak mengusap wajah karena sunnahnya tidak mengusapkan tangan ke wajah setelah selesai membaca doa qunut.

Imam Abu Bakar Al-Husaini Asy-Syafi’i, dalam kitab Kifayatul Akhyar, menyinggung masalah tersebut. “Doa qunut yang disunnahkan adalah dengan mengangkat kedua tangan, dan tidak mengusapkan kedua tangan ke wajah setelah selesai berdoa.”

Bahkan ada sebagian ulama yang menganggap makruh hukumnya mengusapkan kedua tangan setelah selesai berdoa, karena tidak ada ketentuan dari sunnah. Sebagaimana kelanjutan dari kitab di atas, “Dan ulama’ sepakat tidak disunnahkan mengusapkan tangan ke dada, bahkan dari sebagian golongan ada yang menghukumi makruh.”

Maka, untuk mendapatkan kesunahan qunut adalah mengikuti aturan-aturan yang telah disepakati oleh para ulama’ fiqih, dan memilih doa yang mudah dilafalkan dan dihafal.

Related

Moslem World 2571049355812672691

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item