Sejarah dan Asal Usul Amazon.com, Toko Online Terbesar di Dunia

Sejarah dan Asal Usul Amazon.com, Toko Online Terbesar di Dunia

Naviri Magazine - Amazon.com secara resmi online pada 1995. Nama Amazon diambil dari nama sungai di Brasil, yaitu Sungai Amazon, yang merupakan sungai terbesar di dunia. Sebelum memutuskan terjun dalam bisnis ini, Jeff Bezos merupakan programmer di sebuah perusahaan yang bertugas mengembangkan aplikasi komputer untuk pasar saham.

Setelah keluar dari pekerjaannya, Jeff mulai berpikir untuk mendirikan bisnis dengan berjualan suatu barang yang mudah dijual di Internet. Katalog buku adalah pilihan pertamanya, karena selain mudah di-upload di Internet, hanya dengan modal katalog buku, dia sudah bisa menjual buku tanpa harus memiliki buku tersebut terlebih dulu.

Dengan berbekal pengalaman sebagai programmer, Jeff menuliskan sendiri kode-kode program untuk aplikasi online shopping-nya, dan kemudian meminta 300 orang temannya untuk menguji coba situs tersebut, sebelum secara resmi diluncurkan.

Pada Juli 1995, Jeff secara resmi meluncurkan situs Amazon. Dalam 30 hari, melalui berita yang disebarkan oleh 300 rekannya, Jeff berhasil menjual buku ke berbagai penjuru Amerika, termasuk ke-45 negara di luar Amerika.

Pada bSeptember, omset meningkat hingga $20.000 per minggu. Jeff segera mengerahkan rekan-rekannya sebagai tim pengembang untuk situs Amazon.com. Sukses Amazon.com sempat menurun hingga titik nol di tahun 2001, ketika terjadi “dot-com bubble burst” dimana banyak situs .com bangkrut.

Jeff mengatur ulang strategi bisnis Amazon dengan cara merekrut perusahaan lain untuk menjual barangnya melalui Amazon. Berbagai perusahaan besar seperti Target, Toys R Us, dan Old Navy, setuju untuk menjual produk mereka melalui Amazon. Strategi ini berjalan mulus, dan menjadikan Amazon sebagai toko retailer online terbesar di jagad maya.

Produk-produk Amazon saat ini adalah buku, CD music, video tape dan DVD, software, perangkat elektronik, perkakas dapur dan kebun, mainan anak, produk untuk bayi, pakaian, perangkat olahraga, makanan, perhiasan, jam tangan, produk kesehatan dan kecantikan, perangkat musik, dan sebagainya. Kindle juga merupakan salah satu produk Amazo.com yang digunakan untuk mendukung penjualan buku elektronik.

Related

Internet 145763701915694387

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item