Teori Konspirasi di Balik Iklan yang Menggegerkan Dunia

 Teori Konspirasi di Balik Iklan yang Menggegerkan Dunia

Naviri Magazine - Pernahkah Anda menonton film di bioskop, dan tiba-tiba diberi makanan ringan atau permen dengan merek tertentu? Atau, ketika menonton sebuah acara TV, tiba-tiba mendapat imbauan yang tidak dapat dicegah untuk membeli sebuah mobil baru? Jika demikian, Anda mungkin korban dari sebuah konspirasi iklan!

Para penganjur, termasuk Wilson Bryan Key (pengarang buku “Subliminal Seduction” atau Godaan Bawah Sadar) dan Vance Packard (pengarang buku "Hidden Persuaders" atau Penganjur-penganjur ^ersembunyi), mengklaim adanya pesan-pesan kepada alam bawah sadar dalam iklan yang merajalela dan merusak.

Buku-buku tersebut telah menyebabkan kepanikan publik, dan mengarahkan kepada sebuah tatap muka dengan FCC. Sebagian isi buku-buku itu diragukan, dan beberapa hasil studi berupa pengaruh iklan terhadap alam bawah sadar yang diungkapkannya adalah palsu.

Sekitar tahun 1980-an, perhatian terhadap pesan-pesan di bawah sadar yang disebarkan kepada kelompok-kelompok seperti Styx dan Judas Priest, dimana kelompok yang disebut terakhir telah digugat pada tahun 1990, karena menurut dugaan telah menyebabkan terjadinya kasus bunuh diri anak remaja disebabkan pesan-pesan di bawah kesadaran (kasus itu kemudian ditutup).

Proses mental di alam bawah sadar benar-benar ada, dan dapat diuji. Dengan hanya disebabkan seseorang mempersepsikan sesuatu (sebuah pesan dari iklan, contohnya) yang apabila diperhitungkan memang sangat kecil artinya. Tidak ada manfaat yang lebih dari iklan kilat dibandingkan iklan reguler. Coba bandingkan iklan kilat yang hanya tiga detik dengan iklan yang berdurasi dua puluh detik.

Untuk melihat sesuatu selama selang waktu beberapa detik adalah mudah; para pembuat film melakukan hal tersebut terus-menerus (coba amati beberapa bagian film klasik "Psycho" karya Alfred Hitchcock). Tapi untuk membeli atau melakukan sesuatu yang didasarkan pada iklan kilat beberapa detik adalah hal yang lain sama sekali.

(Konspirasi-konspirasi itu diparodikan di sebuah televisi pada tahun 1980-an dalam acara Max Headroom, di mana penonton marah setelah melihat pesan-pesan di bawah sadar disebut "blipverts.")

Related

Science 7881697656559343149

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item