Kenali 8 Spesialis Dokter Gigi, Biar Tahu Sebelum Periksa Gigi

Kenali 8 Spesialis Dokter Gigi, Biar Tahu Sebelum Periksa Gigi

Naviri Magazine - Ada dokter umum, ada dokter spesialis. Untuk dokter spesialis, ada yang spesialis jantung, spesialis penyakit dalam, spesialis kulit, dan lain-lain, termasuk spesialis gigi.

Ternyata, dokter spesialis gigi masih “dipecah” lagi ke dalam beberapa spesialis lain, dengan keahlian yang lebih spesifik. Setidaknya ada 8 spesialis dokter gigi yang perlu kita tahu, dan berikut ini uraiannya.

Pedodontis (Sp.KGA)

Secara sederhana, ini dokter gigi spesialis kedokteran gigi anak. Dokter dengan kemampuan ini akan melakukan pencegahan dan perawatan untuk kelainan dan penyakit pada gigi dan mulut anak secara komprehensif, baik anak yang normal maupun anak dengan kebutuhan khusus.

Ortodontis (Sp.Ort)

Kalau dokter ini biasanya menangani pasien-pasien yang ingin mendapatkan bentuk gigi yang lebih tepat. Alasannya, mereka memang ahlinya dalam meratakan gigi.

Endodontis (Sp.KG)

Dokter gigi speslias endodontis ialah dokter yang bisa menangani masalah gigi secara estetika. Mereka biasa juga disebut dokter spesialis konservasi. Jadi, dokter ini bisa memberikan pencegahan dan penanggulangan karies, restorasi, kosmetik gigi, perawatan endodontik konvensional, bahkan melakukan bedah.

Periodontis (Sp.Perio)

Dokter gigi ini ahlinya dalam jaringan penyangga gigi. Dijelaskan bahwa dokter gigi periodontis bisa melakukan perawatan penyakit atau kelainan gusi dan jaringan penyangga pada gigi lainnya.

Bedah Mulut (Sp.BM)

Jika kamu ingin mencabut gigi, dokter dengan gelar Sp.BM bisa melakukan tugas itu dengan baik dan profesional. Tidak hanya mencabut gigi, mereka juga ahli dalam operasi mulut sumbing.

Prostodontis (Sp.Pros)

Kalau dokter spesialis ini ahlinya dalam mencipta gigi palsu. Secara detail, kemampuan dokter gigi spesialis prostodontis ialah mahir dalam membuat gigi tiruan dan perawatan sendi.

Oral Medicine (Sp.PM)

Dokter dengan spesialisasi ini punya kompetensi dalam perawatan penyakit mulut karena bakteri dan jamur, halitosis, dan perawatan sendi dan rahang.

Dental Radiologist (Sp.RKG)

Untuk yang terakhir, dokter gigi dengan spesialisasi radiologi mempunyai kemampuan dalam padiologi, yang merupakan interpretasi radiologi kedokteran gigi.

Related

Tips 284853261405967683

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item