HIV/AIDS, Penyakit Menular Seksual Paling Berbahaya di Dunia

HIV/AIDS, Penyakit Menular Seksual Paling Berbahaya di Dunia

Naviri Magazine - Penyebaran Human Immunodeficiency Virus (HIV) sudah lama menjadi perhatian masyarakat di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. HIV menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Virus ini menyerang sel T, salah satu bagian sel darah putih.

Virus HIV yang masuk tubuh manusia dapat melemahkan, bahkan mematikan sel darah putih, dan memperbanyak diri. Hal ini bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh pengidap HIV (CD4).

Jika tidak minum obat anti retroviral (ARV), dalam kurun 5-10 tahun usai terinfeksi, orang dengan status HIV positif akan mengalami sekumpulan gejala infeksi oportunistik yang dipicu penurunan kekebalan tubuh. Kondisi itu disebut AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS).

Berdasar data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), sejak pertama kali dilaporkan pada 1987 sampai dengan Juni 2018, tercatat ada sebanyak 108.829 kasus AIDS di Indonesia.

Menurut laporan dari National Health Service, virus HIV bersarang pada darah dan cairan tubuh orang yang mengidapnya, seperti sperma, cairan vagina, darah menstruasi, dan ASI.

Namun, sesuai penjelasan Kemenkes, Virus HIV hanya dapat ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman, berbagi jarum suntik, produk darah, dan organ tubuh. Selain itu, ibu hamil yang positif HIV dapat menularkan kepada bayinya.

HIV tidak menular melalui penggunaan toilet bersama, gigitan nyamuk atau serangga, menggunakan alat makan bersama, bersalaman/berpelukan, ataupun tinggal serumah dengan orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Oleh sebab itu, menjadi ODHA sebenarnya bukan penghalang untuk bersosialisasi, bekerja, dan berkeluarga.

Related

Health 1878653663137445738

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item