Ini 9 Cara Mudah dan Sehat untuk Menghilangkan Bau Mulut

Ini 9 Cara Mudah dan Sehat untuk Menghilangkan Bau Mulut

Naviri Magazine - Bau mulut bisa mengganggu dan membuat penderitanya tidak pede. Penyebab bau mulut bisa karena kurang menjaga kebersihan mulut dan gigi, pengaruh makanan, atau karena hal lain. Berikut ini adalah saran yang mudah sekaligus sehat untuk menghilangkan bau mulut.

Sering sikat gigi

Walaupun tak berdampak besar, setidaknya rutinlah menyikat gigi. Ini akan menghilangkan plak pada gigi. Sisa makanan yang nyangkut di sela-sela gigi juga bisa disingkirkan pakai benang gigi.

Pakai obat kumur

Obat kumur sekarang sudah banyak di pasaran, kita bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Obat kumur akan menghilangkan bau mulut, dan menyegarkan. Obat kumur juga akan membasmi kuman di mulut.

Kalau tak suka sama obat kumur karena alasan apa pun, kita juga bisa pakai air mineral untuk kumur setelah makan, supaya sisa makanan hilang, dan bau mulut lenyap.

Hindari jengkol dan sejenisnya

Bukannya tak boleh makan, tapi jangan makan jengkol pas mau pergi ke acara penting. Walaupun enak, tapi jangan pernah makan jengkol pas kerja. Makannya pas weekend saja, pas nyantai di rumah.

Menghilangkan bau jengkol cukup sulit. Harus menunggu beberapa saat baru baunya hilang.

Bersihkan lidah

Setelah sikat gigi, jangan lupa bersihkan lidah menggunakan bagian belakang sikat gigi yang terbuat dari karet. Hal ini bertujuan agar sisa makanan yang menempel di lidah bisa terangkat.

Bersihkan perlahan-lahan, agar tidak terjadi luka pada lidah. Kalau dirasa kurang, bisa gunakan alat khusus untuk membersihkan lidah.

Jaga kesehatan gusi

Gusi yang bermasalah akan menyebabkan tumbuhnya bakteri yang akan menyebabkan mulut bau. Tempat berobat yang tepat untuk penyakit gusi adalah dokter periodontis, yang memang sudah ahlinya dalam masalah gusi.

Makan permen karet

Pilih permen karet mint dan bebas gula. Rasa mint pada permen karet akan menghasilkan rasa yang menyegarkan pada mulut. Manfaat lain permen karet adalah menjaga air liur tetap sehat.

Berkumur menggunakan garam epsom

Kalau belum tahu tempat belinya, bisa cari di toko online. Cara menggunakannya juga gampang, tinggal campur satu sendok teh dan air hangat, lalu kumur-kumur. Gampang, kan? Niscaya bakteri-bakteri akan hilang semua.

Berhenti merokok

Selain menyebabkan kanker dan penyakit lainnya, merokok juga bisa menyerang kesehatan gigi, contohnya merusak gusi. Yang paling ringan cuma bikin gigi kuning sama bau mulut. Tapi sebenarnya itu awal penyebab timbulnya penyakit serius. Be careful!

Konsultasikan dengan dokter

Cara ini paling pas, jika tidak cocok sama cara-cara di atas. Kita bisa tanya-tanya ke dokter gigi dan mulut, bagaimana cara menghilangkan bau mulut. Dokter akan merekomendasikan caranya.

Related

Tips 5983004933113605478

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item