Ini yang Harus Kamu Lakukan Jika Mengalami Sakit Pada Gusi

Ini yang Harus Kamu Lakukan Jika Mengalami Sakit Pada Gusi

Naviri Magazine - Jika kamu merasakan adanya gejala penyakit gusi, segera buat janji dengan dokter gigi. Perawatan yang tepat untuk masalahmu hanya dapat ditentukan jika diagnosa terhadap kondisimu sudah dibuat.

Kalau kamu didiagnosa menderita radang gigi - infeksi bakteri ringan pada gusi - perawatan yang akan kamu jalani tidak melibatkan operasi, dan tidak akan terasa menyakitkan.

Salah seorang ahli bedah implan gigi mengatakan, "Biasanya, pasien yang menderita radang gusi membutuhkan sedikit lebih banyak pembersihan mulut profesional yang lebih menyeluruh, dan beberapa instruksi mengenai bagaimana cara meningkatkan rutinitas membersihkan gigi di rumah serta kebiasaan makan".

Dokter gigi akan menjadwalkan pertemuan lainnya dalam beberapa minggu, untuk memastikan bahwa gusimu semakin sehat, dan bahwa tidak ada lagi perawatan yang perlu dilakukan.

Berhentilah merokok, kurangi konsumsi alkohol, dan perbaiki kebiasaan makanmu untuk membantu mengurangi gejala dari radang gusi, yang beberapa di antaranya adalah bau napas yang tidak hilang dan gusi yang meradang.

Kalau kamu didiagnosa mengalami penyakit gusi yang cukup parah - dikenal dengan periodontis - kamu harus melakukan perawatan yang lebih menyeluruh.

Seperti yang dijelaskan oleh ahli bedah implan gigi, "Konsep dari mengobati periodontis adalah menyingkirkan koloni besar bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi. Karena banyak di antara bakteri-bakteri tersebut yang sudah berkumpul di bawah garis gusi, perawatan untuk periodontis mungkin membutuhkan operasi. Tapi jangan khawatir, karena gusi akan dibuat mati rasa agar pasien tetap nyaman".

Selain operasi, pasien yang menderita periodontis juga mungkin perlu menjalani perawatan-perawatan berikut:
  • Pembersihan kerak gigi
  • Perawatan akar gigi yang akan menyingkirkan plak gigi dan tartar yang berada di bawah garis gusi
  • Serangkaian obat antibiotik

Tentu saja, selain perawatan profesional, kamu juga perlu mengubah gaya hidup dan standar kehidupanmu. Menjaga kebersihan mulut dan pemeriksaan gigi secara rutin juga hal yang penting. Sikatlah gigi dengan menyeluruh, paling tidak dua kali sehari, dan kunjungi dokter gigi setidaknya enam bulan sekali.

Related

Tips 5753640530766987898

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item