Inilah Satelit Komunikasi Pertama yang Diluncurkan Amerika

Inilah Satelit Komunikasi Pertama yang Diluncurkan Amerika

Naviri Magazine - ECHO 1 dan ECHO 2 ialah satelit komunikasi pasif pertama Amerika Serikat. Terbuat dari balon metal, berdiameter 30 meter (ECHO 1) dan 42 meter (ECHO 2).

Berturut-turut, kedua satelit itu diluncurkan pada tahun 1960 dan 1964 oleh NASA. Echo 1 digelembungkan penuh di hanggar US Navy di Weeksville, North Carolina.

Echo 1 merupakan satelit komunikasi pasif: berfungsi sebagai pemantul, bukan pemancar. Setelah ditempatkan di orbit bumi rendah, sinyal akan dikirim ke Echo, dipantulkan atau dilambungkan ke lepas permukaannya, lalu kembali ke Bumi.

Echo 1 dapat dilihat dengan mata telanjang, karena permukaannya yang bercahaya dan letaknya yang rendah; satelit ini akan tampak dari bawah 1 sisi pada cakrawala, lalu lenyap di cakrawala yang berseberangan setelah melintasi langit, begitu pun dengan satelit LEO yang lain.

Echo 2 digunakan untuk eksperimen komunikasi yang lebih pasif, dan juga meneliti dinamika kendaraan angkasa besar, dan untuk geodesi geometri global. "ECHO" adalah singkatan dari "Experimental Contact Highlight Operation". "Echo" berarti "eco" dalam bahasa Inggris.

Related

Technology 7290059933111797240

Recent

item